Liga Indonesia

Genjot Fisik Pemain, Timnas Wanita Indonesia Lahap Menu Lari Lintas Alam

Rabu, 3 Juli 2019 14:15 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Yuliani Wijaya (memakai rompi) dari Sumsel berusaha melewati hadangan Mayang ZP dari Sumbar, Selasa (14/5/19). Foto: Fitra Herdian/INDOSPORT Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Yuliani Wijaya (memakai rompi) dari Sumsel berusaha melewati hadangan Mayang ZP dari Sumbar, Selasa (14/5/19). Foto: Fitra Herdian/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Tim nasional wanita Indonesia terus digeber dalam rangka meningkatkan fisik. Menu lintas alam pun menjadi menu wajib yang dijalani sepanjang pemusatan latihan. 

Bahkan untuk materi latihan fisik kali ini, pasukan Rully Nere terpaksa berpindah lokasi dari Stadion Tridadi dan Lapangan UNY (21-29 Juni) ke berpindah ke daerah Kaliurang, Sleman, Yogyakarta.

Alasan pemindahan lokasi latihan adalah untuk mempersiapkan kondisi para pemain. Akan ada pula latihan kombinasi kondisi fisik di alam terbuka  yang akan mereka jalani, yakni lari lintas alam atau cross country. 

Pelatih kiper timnas Wanita, Haryono, mengakui latihan ini sangat penting dilakukan, bukan hanya bagi kiper, melainkan semua pemain karena akan bermanfaat di masa depan.

“Dua pekan terakhir memang kami fokuskan untuk pembenahan fisik setiap pemain, tak ada perbedaan pola latihan, namun pembentukkan fisik ini sangat perlu," ujar Haryono, Selasa (2/7/19).

"Selepas hari raya Idul Fitri, mereka melalui fase tanpa kompetisi dan tanpa latihan di klub. Fisik pemain pasti menurun. Lari lintas alam penting, minimal 30-35 menit,” ucap Haryono.

Senada dengan pelatih fisik timnas Wanita, Sofie Imam Faizal. Dia menambahkan bahwa lari lintas alam atau cross country yang dilakukan nanti akan menjadi pelengkap dalam program mempertahankan kondisi fisik pemain. 

Development aerobic atau pembentukan fisik serta aerobic capacity atau daya tahan kardiovaskuler sudah dilakukan, begitu pula dengan strenght atau kekuatan," kata Sofie. 

"Lari lintas alam atau cross country sebagai variasi untuk membangun kekuatan dan stamina setiap pemain ketika tak berlatih dengan bola” pungkasnya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%