Bola Internasional

Perjalanan Joao Felix dari Pemain Biasa hingga Jadi Pesepak Bola Termahal Portugal

Kamis, 4 Juli 2019 09:59 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Gualter Fatia/Getty Images
Joao Felix dalam laga Liga Europa, Benfica v Eintracht Frankfurt. Copyright: © Gualter Fatia/Getty Images
Joao Felix dalam laga Liga Europa, Benfica v Eintracht Frankfurt.

INDOSPORT.COM - Joao Felix diboyong Atletico Madrid dengan harga fantastis 126 juta euro (2 triliun rupiah). Berikut perjalangan karier Joao Felix hingga jadi pemain termahal Portugal. 

Atletico Madrid melakukan langkah berani di bursa transfer musim panas 2019 ini. Klub yang bermarkas di Stadion Wanda Metropolitano tersebut merekrut pemain muda, Joao Felix. 

Joao Felix dibeli dari Benfica dengan harga 126 juta euro atau sekitar 2 triliun rupiah. Joao Felix diikat dengan kontrak panjang hingga 30 Juni 2026 oleh Atletico Madrid

Joao Felix memang disiapkan sebagai pengisi lini depan Atletico Madrid yang sudah mulai menua seperti Nikola Kalinic dan Diego Costa. 

Joao Felix juga diproyeksikan untuk menggantikan Antoine Griezmann yang memang sudah tak betah di Atletico Madrid. Berikut INDOSPORT merangkum perjalanan karier Joao Felix hingga jadi pemain termahal Portugal. 

Profil Singkat 

Joao Felix atau yang bernama lengkap Joao Felix Sequeira lahir di Viseu, Portugal, 10 November 1999. Joao Felix akan berusia 20 tahun pada November mendatang. 

Pemain bertinggi 180 cm ini dapat berposisi sebagai striker, winger maupun second striker. Kaki kanan adalah kaki terkuatnya dalam bermain sepak bola. 

Perjalanan Karier

Joao Felix memulai karier sepak bola bersama Dragon Force atau klub usia muda bagi FC Porto pada tahun 2012. Joao Felix bermain untuk Dragon Force dan FC Porto U-15 selama kurun 5 tahun. 

Hingga pada tahun 2015, Joao Felix hijrah ke Benfica U-17. Perlahan-lahan, Joao Felix naik kasta ke Benfica U-19 dan Benfica B. 

Hingga akhirnya di tahun 2018 lalu Joao Felix mulai bermain untuk tim utama Benfica. Joao Felix pun bermain dalam 43 pertandingan musim lalu, mencetak 20 gol, dan memberikan 11 assist. 

Joao Felix juga menjadi bagian dari Timnas Portugal saat menjuarai UEFA Nations League 2019 meski ia hanya bermain dalam satu pertandingan, tepatnya di babak semifinal vs Swiss. 

Pemain Termahal Portugal

Gelar pemain termahal Portugal yang sebelumnya dipegang oleh Cristiano Ronaldo, kini sudah berpindah tangan kepada Joao Felix. 

Harga Joao Felix yang mencapai 126 juta euro (2 triliun rupiah), masih lebih tinggi dari harga Cristiano Ronaldo saat dibeli Real Madrid dari Manchester United, 94 juta euro (1,49 triliun rupiah). 

Bahkan harga Cristiano Ronaldo saat dibeli oleh Juventus, 117 juta euro (1,8 triliun rupiah), juga masih lebih rendah dari harga Joao Felix yang dibayarkan Atletico Madrid.