Liga Indonesia

Bintang U-23 Liga 1 Pekan ini: Osvaldo Haay, Semakin Dewasa

Jumat, 5 Juli 2019 11:04 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Osvaldo Haay berusaha lepas dari kawalan Arif Satriya. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Osvaldo Haay berusaha lepas dari kawalan Arif Satriya.

INDOSPORT.COM - Minggu ini atau lebih tepatnya pekan keenam Liga 1 2019 membuat winger Persebaya Surabaya Osvaldo Haay layak dinobatkan sebagai bintang U-23.

Pasalnya penampilan pemain kelahiran 1 Mei 1997 silam ini semakin dewasa dalam membangun serangan ataupun bertahan bersama Persebaya di Liga 1 2019.

Hal itu terlihat jelas bagaimana performanya kala Persebaya Surabaya vs Persela Lamongan di Stadion Gelora Bung Tomo, Jawa Timur, Senin (01/07/19) lalu.

Pertandingan yang berjalan sangat panas sejak menit awal ini membuat Persela langsung menggebrak dengan menciptakan gol pertama pada menit ke-3.

Tak lama berselang Persebaya langsung meresponsnya dengan gol sundulan Oktafianus Fernando pada menit ke-17. Skor pun berubah menjadi 1-1.

© Istimewa
Osvaldo Haay menggiring bola pada laga Madura United vs Persebaya Surabaya di Kratingdaeng Piala Indonesia 2018/2019, Kamis (27/06/19). Copyright: IstimewaOsvaldo Haay menggiring bola pada laga Madura United vs Persebaya Surabaya di Kratingdaeng Piala Indonesia 2018/2019, Kamis (27/06/19).

Kedewasaan Osvaldo Haay semakin terlihat jelas ketika menit ke-21, dimana Persebaya membangun serangan. Nova Sasongko melepaskan umpan ke dalam kotak penalti.

Umpan tersebut pun disambut Osvaldo Haay dengan dada, tetapi ia memilih untuk memantulkan bola tersebut ke arah Fandi Eko Utomo yang berdiri bebas dan posisi yang tepat.

Akan tetapi tendangan Fandi Eko Utomo masih melebar dari sasaran. Namun apa yang dilakukan Osvaldo perlu diapresiasi dalam pemilihan timing.

Lalu pada menit ke-58, Osvaldo Haay juga terlihat tenang kala Amido Balde malah memaksa menanduk bola ke arah gawang. Padahal dirinya dalam posisi kosong.

Sekilas ia tak begitu frustasi akan keputusan rekannya. Namun pemilihan penempatan posisi Osvaldo Haay sebagai pemain U-23 dalam suatu momen begitu baik.

Kemudian kedewasaan yang dimiliki Osvaldo lainnya terjadi pada menit ke-60. Ia lebih memberikan bola ke rekannya, Ruben Sanadi dibanding memaksa untuk menggocek lawan.

Bahkan ia juga menjadi salah satu aktor penting dalam memberikan assist kepada Irfan Jaya yang bisa dikonfrontasikan sebagai gol. Padahal Osvaldo bisa saja menendang bola tersebut dengan keras tapi ia berpikir lain.

Terakhir Osvaldo Haay juga dewasa dalam melihat celah sebelum mengirim umpan ke Amido Balde. Ia tanpa ragu melepaskan umpan akurat dan berhasil dijadikan gol oleh Balde.

Fakta-fakta tadi juga yang mendukung Osvaldo Haay dari Persebaya layak dinobatkan sebagai bintang U-23 Liga 1 2019 pekan ini (ke-6) versi redaksi berita olahraga INDOSPORT.