Bola Internasional

Jackie Groenen, Inkarnasi Johan Cruyff dalam Tubuh Sang Iblis Betina

Jumat, 5 Juli 2019 09:49 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
© Twitter/@ESPNStatsInfo
Pemain Timnas Wanita Belanda Jackie Groenen. Copyright: © Twitter/@ESPNStatsInfo
Pemain Timnas Wanita Belanda Jackie Groenen.

INDOSPORT.COM - Pemain Timnas Wanita Belanda Jackie Groenen bisa disebut sebagai inkarnasi legenda atau mendiang Johan Cruyff di dalam tubuh sang iblis betina, Manchester United.

Buat yang tidak tahu, Inkarnasi merupakan kelahiran makhluk yang merupakan manifestasi dari suatu dewa yang memiliki kekuatan, menurut KBBI 2016.

Bukan tanpa sebab menyematkan Johan Cruyff dalam diri pemain 24 tahun Jackie Groenen. Pasalnya ia menjadi buah bibir saat ini usai aksi heroiknya di Timnas Wanita Belanda.

Hal itu terjadi pada pertandingan babak semifinal yang mempertemukan Belanda vs Swedia pada Piala Dunia 2019 di Parc Olympique Lyonnais, Prancis, Rabu (03/07/19) kemarin.

Pertandingan kedua tim berjalan sengit satu sama lain. Baik Swedia maupun Belanda ngotot menjalankan penguasaan bola dalam merusak sistem permainan lawan.

© Voetbal International
Pemain Timnas Wanita Belanda Jackie Groenen. Copyright: Voetbal InternationalPemain Timnas Wanita Belanda Jackie Groenen.

Tercatat Belanda membuat 58 persen (593 operan sukses) sedangkan Swedia mencatatkan 42 persen (428 operean sukses) dalam menguasai bola di lapangan.

Belanda yang ingin mencatatkan sejarah bermain ngotot dengna menyerang dari berbagai sisi lapangan. Namun belum ada yang berhasil menjadi gol.

Sebaliknya Swedia juga sempat beberapa kali mendapatkan peluang matang. Tetapi dewi fortuna tampaknya belum berpihak pada mereka untuk menggagalkan mimpi lawan.

Hingga akhirnya pertandingan harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu usai 90 menit tanpa adanya gol. Di sinilah momen yang menegangkan terjadi.

Bagaimana tidak, pada menit ke-99, Jackie Groenen yang menggiring bola mencoba untuk menusuk ke arah kotak penalti lawan, usai melewati beberapa pemain.

Pemain dengan nomor punggung 14 ini tampaknya sadar akan peluang untuk bisa mencetak gol dengan melepaskan tendangan kerasnya dari luar kotak penalti ke sudut yang sulit dijangkau kiper.

Ternyata upaya tersebut membuahkan hasil dan Timnas Wanita Belanda memimpin dengan skor 1-0. Selepas itu tak ada gol tambahan lagi dan membuat Belanda lolos ke final Piala Dunia 2019 untuk pertama kalinya.

"Aku hanya melihat sudut yang bagus," papar Groenen kepada wartawan pasca pertandingan seperti dilansir USA Today, Rabu (03/07/19).

Kegembiraan tersebut juga tak bisa dilepaskan usai dirinya dikontrak oleh Manchester United pada awal musim 2019 ini. Apalagi klub berjuluk Setan Merah ini merupakan impiannya sejak kecil.

Idolai Cruyff

© allfinweb.com
Legenda Timnas Belanda Johan Cruyff. Copyright: allfinweb.comLegenda Timnas Belanda Johan Cruyff.

Perempuan yang lahir pada 17 Desember 1994 ini menjelaskan kenapa ia memakai nomor punggung 14 baik di klub maupun di Timnas Wanita Belanda.

Bukan tanpa sebab memang, tetapi Groenen mengutarakan kalau dirinya sangat mengidolai legenda serta maestro sepak bola dunia Johan Cruyff.

Karena sang ayah, yang menggilai sepak bola, selalu menceritakan tentang kehebatan Johan Cruyff. Dari cerita dan video rekaman tersebut membuatnya terinsiprasi pada Cruyff.

"Idola saya yang hebat adalah Johan Cruyff. Karena kehadirannya di lapangan dan kreativitasnya yang luar biasa," ujar Groenen dikutip Ingwb.

Johan Cruyff sendiri semasa membela Timnas Belanda sejak 1966, sukses membawa sampai ke babak final Piala Dunia 1974 dengan gaya bermain Total Football.

© Associated Press
Pemain Timnas Wanita Belanda Jackie Groenen (tengah). Copyright: Associated PressPemain Timnas Wanita Belanda Jackie Groenen (tengah).

Akan tetapi di babak final, Belanda harus mengakui ketangguhan Jerman usai kandas dengan skor 2-1. Belanda pun hanya menjadi runner up saja.

Meski di final nanti Belanda bersua tim tangguh Amerika Serikat, akan tetapi besar harapanan Groenen bisa melewati jejak Cruyff dalam membawa Timnas Wanita Belanda juara Piala Dunia.

Sekadar informasi kalau pertandingan final Piala Dunia Wanita 2019 mempertemukan Amerika Serikat vs Belanda di Parc Olympique Lyonnais, Prancis, Minggu (07/07/19).