In-depth

Persipura Jayapura, Klub Paling Kejam Terhadap Pelatih di Era Liga 1

Jumat, 5 Juli 2019 08:58 WIB
Editor: Juni Adi
© persipurapapua1963
Selebrasi pemain Persipura Jayapura usai tendangan pinalti ke gawang PSS Sleman. Foto: persipurapapua1963 Copyright: © persipurapapua1963
Selebrasi pemain Persipura Jayapura usai tendangan pinalti ke gawang PSS Sleman. Foto: persipurapapua1963

INDOSPORT.COM - Langkah mengejutkan diambil oleh Persipura Jayapura di awal-awal kompetisi Liga 1 2019 ini. Klub berjuluk Mutiara Hitam itu baru saja memecat pelatihnya, Luciano Leandro pada Minggu (30/6/19) lalu.

Keputusan itu dibuat setelah Luciano dianggap gagal membawa Persipura tampil trengginas untuk bersaing dalam perburuan gelar.

Di bawah kendalinya, kekalahan dan hasil imbang justru menjadi teman akrab bagi Persipura. Dari enam laga yang sudah dilakoni, mereka belum sekali pun merasakan kemenangan (tiga imbang, tiga kalah).

Terakhir, tim pengoleksi empat gelar Liga Indonesia itu dibantai oleh Arema FC dengan skor 3-1 di Stadion Kanjuruhan, pada Kamis (4/7/19) kemarin.

Rentetan hasil negatif itu membuat Persipura saat ini terjerembab ke zona degradasi, menempati urutan ke-16 dengan koleksi tiga poin.

“Kami sudah bertemu dan berbicara dengan coach Luciano. Dia sangat mengerti dan memahami keadaan yang kami alami. Dia paham bahwa hasil pertandingan belum memuaskan, walau memang harus diakui ada sedikit perbaikan dan perkembangan," kata Ketua Umum Persipura, Benhur Tomi Mano.

Memburu Pelatih Baru

Meksi sudah memecat pelatih Luciano Leandro dan melakukan evaluasi tim, manajemen Persipura sejauh ini belum memutuskan siapa yang akan ditunjuk sebagai pelatih baru.

Berdasarkan rumor yang beredar, Mutiara Hitam disebut-sebut tengah membujuk Jacksen F. Tiago untuk kembali, setelah dipecat dari Barito Putera.

Jadi Klub Terkejam di Liga 1

Ini bukanlah kali pertama Persipura melakukan pemecatan pelatih. Dalam beberapa tahun belakangan, mereka sudah kerap melakukannya, dan jadi tim yang gemar menggonta-ganti juru taktiknya sejak era Liga 1 bergulir tahun 2017 lalu.

Total sudah enam pelatih yang menjadi korban hingga saat ini. Mereka adalah Liestiadi (2017), Wanderley Jr. (2017), Peter Butler (2018), Amilton Silva de Oliviera (2018), Osvaldo Lessa (2018), dan Luciano Leandro (2019).

Jumlah tersebut menobatkan Persipura sebagai tim paling kejam terhadap pelatih di era Liga 1, dibandingkan dengan beberapa tim besar lain seperti Persib Bandung (3), Persija (3), dan PSM Makassar (2) selama tiga tahun terakhir.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
100%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%