Bola Internasional

Resmi Pensiun, Inilah Gol Indah Arjen Robben ke Gawang Timnas Indonesia

Jumat, 5 Juli 2019 11:24 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© ESPN
Arjen Robben resmi pensiun dari sepak bola. Copyright: © ESPN
Arjen Robben resmi pensiun dari sepak bola.

INDOSPORT.COM – Arjen Robben yang baru saja pensiun dari sepak bola pernah mencetak gol ke gawang Timnas Indonesia dalam sebuah pertandingan internasional.

Perlu diketahui kembali, penyerang sayap berpaspor Belanda itu sudah mengumumkan pensiun dari lapangan hijau pada Kamis (05/07/19). Selama kariernya, Robben tercatat pernah membela lima klub berbeda.

Klub pertama winger kelahiran Bedum itu adalah Groningen, kemudian ia pindah ke PSV Eindhoven, Chelsea, Real Madrid, dan mengakhiri karier sepak bolanya di Bayern Munchen.

Meski lebih banyak bermain di Eropa, Robben pernah meninggalkan jejak mengesankan di Indonesia. Bersama Timnas Belanda, ia pernah mencetak sebuah gol indah ke gawang Timnas Indonesia.

Gol cantik Arjen Robben ke gawang Indonesia ia cetak ketika Belanda melakukan pertandingan uji coba menghadapi Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada medio 2013 lalu.

Saat itu, tepatnya pada tanggal 7 Juni 2013, Timnas Belanda melawat ke Tanah Air untuk bertanding menghadapi Indonesia dalam sebuah laga uji coba internasional.

Robben mencetak gol penutup dalam kemenangan 3-0 Belanda atas Indonesia. Sebelumnya, Tim Oranye lebih dulu unggul melalui Siem de Jong yang menceak dua gol pada menit ke-57 dan 67.

Gol ketiga Belanda dicetak Robben pada menit ke-89 melalui cara spesial. Ia melakukan aksi solo run dari tengah lapangan.

Dengan skill mumpuni, Robben mampu melewati penjagaan dua bek Indonesia sebelum melepaskan tembakan keras kaki kiri yang menaklukkan Kurnia Meiga.

Gol Arjen Robben ke gawang Indonesia hanyalah satu dari sekian banyak gol spektakuler yang ia cetak selama kariernya di dunia sepak bola. Bersama Timnas Belanda, pemain kidal itu mengoleksi 37 gol dari 96 penampilan di level internasional.

Selain gemilang bersama Belanda, Robben juga mencatatkan segudang prestasi di level klub. Ia merupakan pemain yang pernah mencicipi gelar juara di empat liga berbeda, yaitu Eredivisie Belanda, Liga Primer Inggris, LaLiga Spanyol, dan Bundesliga Jerman.