Liga Indonesia

Menerawang Sosok Pelatih yang Cocok Menukangi Persipura

Sabtu, 6 Juli 2019 19:02 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Football manager
Ilustrasi siapa yang cocok jadi pelatih Persipura Jayapura Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Football manager
Ilustrasi siapa yang cocok jadi pelatih Persipura Jayapura

INDOSPORT.COM - Hingga sepekan lengsernya Luciano Leandro dari bangku pelatih Persipura Jayapura, teka-teki pengganti sosok asal Brasil di Mutiara Hitam itu masih misteri.

Terlepas dari kebiasaan Persipura yang selalu jatuh hati dengan arsitek negeri samba Brasil, toh sejarah hanya mencatat baru seorang Jacksen F. Tiago sebagai warga negara Brasil yang pernah mendulang kesuksesan saat menukangi Persipura.

Selebihnya, nama-nama seperti Wanderley Junior, Amilton Silva de Oliveira, Osvaldo Lessa, dan Luciano Leandro bahkan gagal membawa Persipura ke tangga juara.

Namun jika merujuk pada kriteria pelatih yang diinginkan oleh manajemen Persipura, nampaknya sosok tersebut masih tak jauh dari kompetisi sepak bola Indonesia.

Pasalnya, selain masih menaruh minat terhadap pelatih Brasil, Persipura tengah mencari sosok pelatih yang sudah memiliki pengalaman di kompetisi sepak bola Indonesia dan juga fasih berbahasa Indonesia.

Untuk itu, awak redaksi berita olahraga INDOSPORT, Sabtu (6/7/19), coba menerawang siapa pelatih yang akan melatih Persipura berdasarkan kriteria yang ada.

Ivan Venkov Kolev

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Persija Ivan Kolev saat latihan Persija Jakarta jelang leg kedua babak 8 besar Piala Indonesia lawan Bali United di Lapangan PS AU TNI Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (03/05/19). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTIvan Kolev berpeluang jadi pelatih baru Persipura Jayapura.

Pelatih asal Bulgaria ini memang terbilang gagal saat memulai kembali petualangannya di kompetisi sepak bola Indonesia, setelah gagal mengangkat performa Persija Jakarta di awal musim. Kolev sendiri menjadi pelatih pertama di kompetisi Shopee Liga 1 2019 yang lengser dari jabatannya.

Namun, jika melihat dari rekam jejaknya, pelatih berusia 61 tahun ini sebenarnya nyaris saja menukangi tim mutiara hitam di Liga Indonesia musim 2007. Tapi kala itu, PSSI lebih dulu membajak Kolev untuk menukangi tim nasional senior.

Meski belum pernah mencicipi trofi juara Liga Indonesia, namun pengalaman yang dimiliki pelatih yang telah malang melintang di dunia sepak bola Indonesia sejak 1999 silam ini tak perlu diragukan lagi.

Kolev juga dikenal sebagai salah satu pelatih asing di Indonesia yang fasih berbahasa Indonesia. Selain itu, ia juga merupakan pelatih yang gemar dengan gaya sepak bola menyerang.

Dengan kriteria yang dimiliknya, Kolev mungkin bisa menjadi salah satu opsi bagi manajemen Persipura.

Paulo Camargo

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Caption Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTPaulo Camargo masuk jadi salah satu calon kuat pelatih baru Persipura Jayapura.

Pelatih asal Brasil yang sempat melatih di Persija Jakarta ini memang sempat dikabarkan tengah didekati oleh manajemen Persipura Jayapura sebelum akhirnya menjatuhkan pilihan ke Luciano Leandro.

Camargo juga bukan sosok baru di kompetisi sepak bola Indonesia. Ia tercatat pernah melatih klub Tangerang Wolves dan Persibo Bojonegoro saat kompetisi Indonesia mengalami dualisme.

Jejak rekam yang dimiliki oleh pelatih Brasil ini juga tidak bisa dipandang remeh. Ia merupakan salah satu pelatih yang ikut menemukan bakat pemain kelas dunia, Ricardo Kaka saat masih berseragam klub Sao Paulo Junior.

Selain itu, Camargo juga sangat menyukai talenta-talenta muda. Ia kerap memainkan pemain berusia muda saat masih melatih Persija Jakarta.

Kelebihannya itu mungkin bisa menjadi pertimbangan bagi manajemen Persipura yang kini banyak memiliki pemain muda dalam skuatnya.

IDS Emoticon Suka
Suka
100%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%