Liga Spanyol

On This Day: Ketika 80.000 Orang Menyambut Cristiano Ronaldo di Real Madrid

Sabtu, 6 Juli 2019 05:33 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Coro Mountana
© getty images
Cristiano Ronaldo, mantan pemain mega bintang Real Madrid. Copyright: © getty images
Cristiano Ronaldo, mantan pemain mega bintang Real Madrid.

INDOSPORT.COM – Pada 6 Juli 2009 atau 10 tahun lalu, 80.000 pasang mata menjadi saksi kedatangan Cristiano Ronaldo ke klub raksasa LaLiga Spanyol, Real Madrid.

Setiap sudut Stadion Santiago Bernabeu hampir penuh sesak. Semua hanya ingin menyaksikan dengan mata kepala sendiri pemain seharga 80 juta euro atau setara Rp1,3 triliun itu berseragam Real Madrid.

Dengar-dengar, Real Madrid harus melewati negosiasi panjang nan alot untuk mendatangkan pemain ini dari Manchester United. Real Madrid bahkan harus memecahkan rekor transfer termahal di dunia.

Bagaimana bisa orang tak mati penasaran. Semua orang membicarakannya dan ia akan lekas diperkenalkan sebagai bagian dari Los Galactiocos gelombang kedua bersama Kaka, Karim Benzema, dan Xabi Alonso.

Presiden Real Madrid, Florentino Perez, sudah cukup lama dengan pidatonya. Tiba saatnya manusia termahal dalam jagad sepak bola dunia itu diperlihatkan laksana mahkota raja.

Semua telah siap dengan kamera di tangan, beberapa memilih untuk bertepuk tangan kegirangan. Cristiano Ronaldo muncul ke lapangan disambut gemuruh dan suka cita.

Ronaldo mengangkat tangannya berusaha menyapa. Wajahnya sesekali menunduk gugup melihat 80.000 penggemar Real Madrid yang membuat bulu kuduknya merinding.

Ia masih menggunakan nomor punggung 9, angka keramat yang dulunya pernah dipakai legenda Real Madrid, sebut saja Hugo Sanchez, Ronaldo da Lima, dan Alfredo di Stefano.

Ronaldo disambut Florentino Perez dengan tatapan masa depan penuh kejayaan. Wartawan berupaya mengambil foto terbaik sebagai headline terdepan surat kabar.

Pemain asal Portugal itu terharu, tidak menyangka ia bisa disambut penggemar sebanyak ini. Angka 80.000 melebihi penyambutan legenda Timnas Argentina, Diego Maradona, di Italia yang mencapai 75.000 penonton.

Tidak heran memang, Ronaldo setelah itu menjelma superhero. Ronaldo membuka salam pertamanya lewat gol perdana pada 29 Agustus 2009 ke gawang Deportivo La Coruna.

Gol Ronaldo itu memang hanya gol sepele dari titik putih. Akan tetapi, dari situlah Ronaldo menjelma manusia perkasa pengoleksi 15 gelar dan 450 gol bersama Real Madrid.

Semua akan mengenang 6 Juli 2010 sebagai awal mula kejayaan Ronaldo bersama Real Madrid, jauh melebihi Eden Hazard saat belum lama diperkenalkan Real Madrid pada bursa transfer musim panas 2019.

Dan, 80.000 orang di Santiago Bernabeu kala itu tak akan pernah menyesal pernah menitikan air mata menyambut sang idola yang kini telah berkostum Juventus.