Bola Internasional

5 Legenda yang Kini Menjadi Pelatih di Klub Masa Lalunya

Minggu, 7 Juli 2019 12:03 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Nathan Stirk/GettyImages
Frank Lampard, legenda yang kini jadi pelatih Chelsea. Copyright: © Nathan Stirk/GettyImages
Frank Lampard, legenda yang kini jadi pelatih Chelsea.

INDOSPORT.COM - Frank Lampard menjadi salah satu pemain yang kini melatih tim lamanya. Berikut 5 mantan pemain yang kini melatih mantan timnya.  

Chelsea mengambil langkah cukup berani dengan menunjuk Frank Lampard sebagai pelatih barunya untuk musim depan. Frank Lampard sendiri menggantikan Maurizio Sarri yang hijrah ke Juventus. 

Padahal, Frank Lampard belum punya banyak pengalaman soal melatih. Frank Lampard sebelumnya hanya melatih Derby County di Divisi Championship. 

Faktor bahwa Frank Lampard adalah mantan pemain Chelsea dan berprestasi saat masih bermain menjadi salah satu alasan Chelsea mendapuknya sebagai pelatih. 

Frank Lampard pun tak sendirian, ada beberapa orang mantan pemain lagi yang kembali lagi ke klub lamanya sebagai pelatih. 

Zinedine Zidane 

Zinedine Zidane menjadi pemain Real Madrid sejak tahun 2001 dan pensiun pada tahun 2006. Zidane ikut mempersembahkan 3 gelar Liga Champions, 1 gelar LaLiga, 1  Piala Super Spanyol, 2 Piala Super Eropa, dan 2 Piala Dunia Antarklub. 

Setelah pensiun dari Real Madrid, Zidane mulai merintis karier sebagai pelatih. Mulai dari melatih Real Madrid U-17, asisten pelatih untuk Real Madrid Castilla dan Real Madrid, hingga akhirnya menjadi pelatih tim senior Real Madrid. 

Vincent Kompany 

Setelah bermain 11 tahun bersama Manchester City, Vincent Kompany kembali ke klub yang membesarkan namanya, Anderlecht. 

Vincent Kompany tidak kembali sebagai pemain, melainkan Kompany akan menjadi pelatih bagi Anderlecht musim depan. 

Diego Simeone 

Diego Simeone bermain dalam dua periode bersama Atletico Madrid, 1994-1996 dan 2003-2005, meskipun tak mampu memberikan prestasi yang berarti. 

Saat kembali ke Atletico Madrid pada tahun 2011, barulah Diego Simeone mampu memberikan trofi demi trofi kepada Atletico Madrid. 

Mulai dari 1 LaLiga Spanyol, 1 Copa del Rey, 1 Piala Super Spanyol, 2 Liga Europa, dan 2 Piala Super Eropa. 

Ole Gunnar Solskjaer

Ole Gunnar Solskjaer menjadi bagian dari Manchester United saat menjuarai Liga Champions musim 1998/99. Ole Gunnar Solskjaer juga memberikan 6 gelar Liga Primer Inggris dan 2 Piala FA. 

Hingga akhirnya pada pertengahan musim lalu, Ole Gunnar Solskjaer kembali ke Manchester United sebagai pelatih. 

Frank Lampard

Frank Lampard memang belum berpestasi sebagai pelatih, Frank Lampard berhasil membawa Chelsea menjuarai Lgia Champions dan Liga Europa. 

Frank Lampard juga memberikan 3 gelar Liga Primer Inggris, 2 Piala Liga Inggris, dan 4 Piala FA saat measih menjadi pemain.