Bola Internasional

10 Fakta dan Rekor Gila Usai Kemenangan Amerika Serikat di Piala Dunia Wanita 2019

Senin, 8 Juli 2019 20:16 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Catherine Steenkeste/Getty Images
Kemeriahan timnas sepak bola wanita Amerika Serikat juara Piala Dunia 2019 usai kalahkan Belanda di Stade de Lyon  (07/07/19).  Catherine Steenkeste/Getty Images Copyright: © Catherine Steenkeste/Getty Images
Kemeriahan timnas sepak bola wanita Amerika Serikat juara Piala Dunia 2019 usai kalahkan Belanda di Stade de Lyon (07/07/19). Catherine Steenkeste/Getty Images

INDOSPORT.COM - Berikut 10 fakta dan rekor gila yang tercipta, usai kemenangan Timnas Amerika Serikat di Piala Dunia Wanita 2019.

Timnas Wanita Amerika Serikat sendiri berhasil merengkuh gelar juara Piala Dunia Wanita 2019 usai mengandaskan Belanda di babak final yang diselenggarakan di Groupama Stadium, Lyon, Prancis, Minggu (07/07/19) lalu.

The Stars and Stripes sukses mempertahankan juara usai menang 2-0 atas Belanda. Gol kemenangan Amerika Serikat dicetak Megan Rapinoe (61’ pen.) dan Rose Lavelle (69’).

Pertandingan antara Amerika Serikat vs Belanda sejatinya berlangsung sangat ketat sejak menit awal.  Bahkan kiper Timnas Wanita Belanda, Sari van Veenendaal, berulang kali melakukan penyelamatan gemilang.

Pada menit ke-60, Amerika Serikat mendapatkan penalti melalui keputusan Video Assistant Referee (VAR) setelah Alex Morgan dijatuhkan di kotak terlarang.

Rapinoe dengan dingin mengarahkan bola ke sisi kanan atau kiri gawang Van Veenendaal. Ia telah mengemas 6 gol di Piala Dunia Wanita 2019 dan menjadi top skor bersama Alex Morgan dan Ellen White.

Rose Lavelle menggandakan keunggulan Amerika Serikat pada menit ke-69. Berawal dari serangan balik, Lavelle sukses melewati pemain Belanda dan melepaskan tembakan kaki kiri yang gagal dibendung Van Veenendaal.

Hingga akhir laga, keunggulan dua gol berhasil dipertahankan Amerika Serikat dan akhirnya membuat mereka keluar sebagai juara Piala Dunia Wanita untuk keempat kalinya.

Dengan kemenangan di partai final tersebut, Timnas wanita Amerika Serikat telah membuat beberapa rekor dan mencatatkan beberapa statistik gila di turnamen ini, dan berikut INDOSPORT coba mengulas serta merangkumnya.

1. Gelar Terbanyak
Timnas wanita Amerika Serikat berhasil mendapatkan gelar Piala Dunia Wanita mereka yang keempat (1991, 1999, 2015, dan 2019), dan raihan gelar tersebut telah dua kali lebih banyak dari yang pernah diperoleh negara lain.

2. Gol Penalti Pertama
Dengan gol yang dicetak Megan Rapinoe di menit ke-61 pada hari Minggu lalu, menjadikan pemain berusia 34 tersebut sebagai pemain pertama yang mampu mencetak gol via penalti di final Piala Dunia Wanita.

3. Pencetak Gol Tertua
Gol Rapinoe juga menjadikan dirinya sebagai pencetak gol tertua di partai final, dan ia pun menjadi pemain tertua yang sukses memenangkan Golden Ball (pemain terbaik) dan Golden Boot (pencetak gol terbanyak) di Piala Dunia Wanita.

4. Final Terbanyak
Rekor imrpesif lain juga berhasil diraih Rapinoe, yakni sebagai pemain kedua dalam sejarah yang berhasil tampil di tiga partai final Piala Dunia Wanita (2011, 2015, 2019) setelah pemain Jerman Birgit Prinz (1995, 2003, 2007).

5. Juara Bertahan
Timnas Wanita Amerika Serikat akhirnya bergabung dengan Timnas Wanita Jerman, sebagai satu-satunya tim dalam sejarah Piala Dunia Wanita yang berhasil memenangkan gelar secara back-to-back.

6. Gol Terbanyak
Penampilan impresif Rapinoe memberikan dampak posistif untuk Timnas Wanita Amerika Serikat, di mana The Stars and Stripes mencetak rekor sebagai tim dengan raihan gol terbanyak di Piala Dunia (26 gol), mengalahkan Jerman yang sebelumnya memegang rekor 25 gol.

7. Kekalahan Belanda
Tumbang dari Amerika Serikat, membuat Timnas Wanita Belanda telah kalah dalam tujuh pertandingan terakhir melawan Amerika Serikat di semua kompetisi, bahkan skor agregat kedua tim saat bertemu pun terbilang sangat mengerikan yakni 2-24.

8. Kemenangan Beruntun
Kemenangan di pertandingan final kemarin, merupakan kemenangan ke-12 berturut-turut Timnas Wanita Amerika Serikat di Piala Dunia, dan menjadi rekor tak terkalahkan terpanjang dalam sejarah Piala Dunia FIFA (pria dan wanita).

9. Penyelamatan Terbanyak
Kiper Belanda Sari van Veenendaal membuat delapan penyelamatan di pertandingan final kemarin, dan catatan tersebut merupakan save yang paling banyak dilakukan oleh seorang kiper dalam babak gugur Piala Dunia Wanita 2019.

10. Mesin Gol Amerika Serikat
Sejak gagal mencetak gol melawan Australia pada Juli 2017 lalu, Timnas Amerika Serikat selalu mencetak gol dalam 45 pertandingan berturut-turut di semua kompetisi, dan hingga kini mereka telah mencetak hingga 148 gol. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
100%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%