Liga Indonesia

Bintang Liga 1 2019 Pekan Ini: Amido Balde, Tapaki Jejak Jacksen F Tiago dan David Da Silva

Senin, 8 Juli 2019 10:35 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Aksi selebrasi Amido Balde melakukan selebrasi usai cetak gol ke gawang Persib Bandung. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Aksi selebrasi Amido Balde melakukan selebrasi usai cetak gol ke gawang Persib Bandung.

INDOSPORT.COM - Striker Amido Balde rasanya pantas menyandang bintang Liga 1 2019 pekan ini usai dirinya bisa mengikuti jejak Jacksen F. Tiago hingga David da Silva.

Bukan tanpa sebab penobatan khusus ini diberikan kepada Amido Balde. Lantaran dirinya telah membuktikan diri sebagai striker tajam di Liga 1 2019.

Hal itu terjadi pada pertandingan Persebaya Surabaya vs Persib Bandung di Stadion Gelora Bung Tomo, Jawa Timur, Jumat (05/07/19) kemarin sore.

Sejak awal pertandingnan, kedua tim saling menekan untuk membuka gol. Beberapa serangan yang dilepaskan Persebaya dan Persib belum membuahkan hasil hingga menit ke-20.

Seisi stadion langsung bergemuruh usai striker Persebaya Amido Balde mencetak gol pembuka pada menit ke-34 lewat sundulan dari luar kotak penalti.

10 menit berselang Amido Balde kembali menambah keunggulan untuk Persebaya usai menerima umpan matang dari rekannya. Sehingga babak pertama berakhir 2-0.

Usai jeda istirahat Amido Balde kembali menambah pundi-pundi usai pada menit ke-58 mencetak trigol (hattrick) pada laga ini, termasuk di Liga 1 2019.

Kemenangan Persebaya atas Persib ditutup oleh gol ciamik winger Irfan Jaya pada menit ke-81. Green Force pun mendulang tiga poin penting.

Ikuti Langkah Legenda Asing Persebaya

© emosijiwaku.com
Jacksen F Tiago saat masih membela Persebaya sebagai pemain Copyright: emosijiwaku.comJacksen F Tiago saat masih membela Persebaya sebagai pemain

Dengan pencapaian tersebut, ternyata Amido Balde sudah mengikuti langkah dari legenda asing Persebaya mulai dari Jacksen F Tiago hingga David da Silva.

Bagaimana tidak, bicara tentang Jacksen F Tiago memang tak lepas dari Persebaya. Ia pernah membukukan trigol  sebanyak tiga kali dalam semusim (1996/97).

Persita Tangerang (6-0), Persija Jakarta (4-2), dan Mitra Surabaya (6-1 [quattrick]) menjadi klub yang pernah dibobol Jacksen tiga kali dalam satu laga.

Lalu ada Roni Pereira (2001) yang pernah membuat Persijap kandas 0-5 dari Persebaya usai mencetak trigol. Hal serupa juga dirasakan Danilo Fernando.

Pemain asing asal Brasil ini pernah membuat trigol kala membela Persebaya. Semen Padang (5-0, 2004) dan Persibom Boolang Mongondow (3-0, 2005) adalah korban Danilo.

© Media Persebaya
Selebrasi David Da Silva setelah mencetak gol ke gawang Sriwijaya FC, Minggu (16/9/18). Copyright: Media PersebayaSelebrasi David Da Silva setelah mencetak gol ke gawang Sriwijaya FC, Minggu (16/9/18).

Striker asal Kamerun Pacho Kenmogne juga sempat mencetak trigol dalam satu laga kala membela Persebaya. Hal ini terjadi kala mengandaskan Persepam Madura United 4-1 (2014).

Terakhir ada David da Silva yang juga pernah mencatatkan namanya mencetak trigol sebanyak dua kali bersama Persebaya. PS TIRA (4-1) dan Bali United (5-2) pernah dibobol David da Silva.