Liga Indonesia

Ezra Walian Tampil Produktif Saat Bersama Keziah Veendorp, Layak ke Timnas?

Senin, 8 Juli 2019 18:46 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Sascha Steinbach/Bongarts/Getty Images/INDOSPORT
Ezra Walian dan Keziah Veendorp saat berseragam Timnas Belanda U-17. Copyright: © Sascha Steinbach/Bongarts/Getty Images/INDOSPORT
Ezra Walian dan Keziah Veendorp saat berseragam Timnas Belanda U-17.

INDOSPORT.COM – Penyerang Timnas Indonesia U-23, Ezra Walian ternyata punya catatan yang sangat fantastis saat bermain bersama Keziah Veendorp. Karena saat keduanya satu tim, Ezra sangat produktif.

Itu terjadi ketika Ezra dan Veendorp sama-sama masih memperkuat Timnas Belanda usia muda, yakni U-15, U-16, dan U-17. Terhitung, menurut laporan Transfermarkt, Ezra mampu mengemas 8 gol dari 8 pertandingan.

Catatan tersebut terbilang sangat fantastis untuk seorang penyerang. Menariknya, setiap gol yang disarangkan Ezra tersebut dihasilkan ketika bermain bersama Veendorp. Bahkan keduanya sama-sama membantu Belanda menjadi runner up Euro U-17 2014 lalu.

Meski Veendorp tak memberikan assist secara langsung, namun mereka memiliki chemistry yang sangat apik. Entah apa yang membuat Ezra lebih produktif ketika main bareng dengan Veendorp.

Jika mengandai-andai, mungkin karena Ezra dan Veendorp sama-sama memiliki darah Indonesia di dalam tubuhnya. Akan tetapi, tidak ada yang bisa menemukan bukti valid mengenai hal tersebut.

Ezra sendiri tampil menggila saat membantai habis San Marino dengan skor 12-0 di babak Kualifikasi Euro U-17 2014 lalu. Saat itu, dirinya mampu mengemas 5 gol hanya dalam satu pertandingan.

Sisanya, penyerang yang tengah mengikuti trial di klub Inggris Tranmere Rovers tersebut, mampu membukukan masing-masing satu gol saat menghadapi Portugal U-16, Norwegia U-16, dan Jerman U-15.

Veendorp sendiri saat itu selalu dipercaya untuk mengisi barisan utama pertahanan Timnas Belanda usia muda. Sedangkan Ezra, terkadang tidak diberi kesempatan untuk memainkan laga sejak menit awal.

© Sascha Steinbach/Bongarts/Getty Images
Keziah Veendorp (Belanda) berusaha merebut bola dari Demetri Mitchell pada laga European Championship 2014 U-17 di Hibernians Stadium (15/05/14). Sascha Steinbach/Bongarts/Getty Images Copyright: Sascha Steinbach/Bongarts/Getty ImagesKeziah Veendorp (Belanda) berusaha merebut bola dari Demetri Mitchell pada laga European Championship 2014 U-17 di Hibernians Stadium (15/05/14). Sascha Steinbach/Bongarts/Getty Images

Jika melihat chemistry yang telah dihasilkan oleh Ezra dan Veendorp, keduanya mungkin sangat cocok untuk mengisi skuat Timnas Indonesia. Dengan hadirnya Veendorp, bisa saja membuat Ezra semakin bertaring di depan gawang lawan.

Seperti yang diketahui, Veendorp telah memberikan isyarat bahwa dirinya ingin bergabung bersama Timnas Indonesia. Bahkan ia rela menunggu proses naturalisasi yang membutuhkan waktu cukup lama.

"Saya ingin menjadi warga negara Indonesia dan membela Timnas. Tetapi saya masih harus mengurusi paspor saya terlebih dahulu," ucapnya kepada INDOSPORT.

"Ini akan memakan waktu, tetapi saya berharap akan segera mendapatkan paspor Indonesia," tambah sang pemain.

Pecinta sepak bola nasional sepertinya menginginkan Veendorp untuk datang membela Timnas Indonesia. Karena mereka tentunya menginginkan yang terbaik untuk kemajuan Tim Garuda di kancah internasional.