Liga Indonesia

Rahasia di Balik Keberhasilan Pemain Persebaya U-16 Dominasi Timnas Indonesia U-16

Senin, 8 Juli 2019 10:34 WIB
Penulis: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Lanjar Wiratri
© Zainal Hasan/INDOSPORT
TC perdana Timnas  Indonesia U-16 asuhan Bima Sakti di Lapangan NYTC Sawangan, Depok, Senin (13/05/19). Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
TC perdana Timnas Indonesia U-16 asuhan Bima Sakti di Lapangan NYTC Sawangan, Depok, Senin (13/05/19).

INDOSPORT.COM - Persebaya Surabaya U-16 mencetak prestasi tersendiri di jenjang Timnas Indonesia U-16 asuhan Bima Sakti. Bajul Ijo Junior berhasil menyumbangkan pemain paling banyak disana.

Setidaknya ada 4 orang yang berhasil menembus Timnas Indonesia U-16 yang sebentar lagi akan bertanding di Piala AFF U-15 2019 yang dijadwalkan pada 27 Juli 2019 mendatang di Chonburi, Thailand.

Keempat pemain itu adalah, Marselino Ferdinan, Ruy Arianto, Dio Rizky Saputra, Wahyu Agung Drajat Mulyono dan Wahyu Agung Drajat Mulyono. Direktur Amatir Persebaya, Saleh Hanifah, menilai kontribusi kompetisi internal membuat banyakpemain Persebaya U-16 dapat bersaing di level Timnas. 

"Semua ini karena kompetisi internal yang terus bergulir, kompetisi ini kami gelar berjenjang. Sampai sekarang kami juga terus menggelar kompetisi ini di internal Persebaya," ujar Saleh kepada INDOSPORT.

Tak cukup dengan kompetisi saja, jajaran tim pelatih di tim amatir ini juga memberikan latihan yang keras kepada pemainnya. Salah satunya dengan aturan promosi degradasi (promdeg).

Jika pemain yang dinilai bagus selama kompetisi internal mengalami penurunan maka tim pelatih tak segan untuk langsung menggantinya.

"Dengan ini pemain akan menjaga betul kemampuannya agar tidak turun, dengan ini juga membuat pemain terus termotivasi," sambungnya.

Banyaknya pemain Persebaya U-16 yang lolos ke Timnas Indonesia U-16 membuat Saleh Hanfiah bersyukur. Hal ini artinya kompetisi internal yang sudah berjalan di Persebaya sudah sangat baik lantaran sudah banyak menyumbang pemain berskala Timnas Indonesia.
 

1