Liga Indonesia

Starting XI Terbaik Liga 1 2019 Pekan Ketujuh

Senin, 8 Juli 2019 12:05 WIB
Editor: Juni Adi
© Eli Suhaeli/INDOSPORT/Shopee Liga 1
Logo Liga 1 2019. Copyright: © Eli Suhaeli/INDOSPORT/Shopee Liga 1
Logo Liga 1 2019.

INDOSPORT.COM - Kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia, Liga 1 2019 baru saja rampung menggelar pekan ketujuh yang berlangsung dari tanggal 04 Juli hingga 07 Juli 2019. Dari beberapa laga itu, terdapat 11 pemain yang tampil cukup baik.

Namun hanya ada enam pertandingan bisa dilaksanakan, karena tiga laga lainnya harus mengalami penundaan. Kendati demikian, para penonton tetap disuguhkan laga-laga menarik karena ada beberapa partai bertajuk big match.

Yaitu Persebaya vs Persib Bandung dan Arema FC vs Persipura Jayapura. Bermain di Stadion Gelora Bung Tomo, Persebaya tampil perkasa. Mereka berhasil membungkam Persib dengan skor 4-0.

Sedangkan Arema FC yang juga bermain di kandangnya sendiri di Stadion Kanjuruhan, berhasil membantai juara empat kali Liga Indonesia, Persipura dengan skor 3-1.

Pekan ketujuh sendiri ditutup oleh pertemuan dua tim promosi yaitu Kalteng Putra vs PSS Sleman. Super Elang Jawa sukses memetik hasil positif dalam lawatan tandangnya itu, karena menang dengan skor 2-0.

Usai dirampun digelar, terdapat sejumlah nama yang layak masuk dalam susunan pemain terbaik pekan ketujuh versi INDOSPORT. Siapa saja mereka? Berikut nama-namanya:

Kiper:

Jandia Eka Putra (PSIS Semarang)

© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Libur lebaran, Kiper PSIS Semarang, Jandia Eka Putra pilih tidak mudik. Foto: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT Copyright: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORTJandia Eka Putra saat memberikan instruksi kepada rekan setimnya di lapangan.

PSIS Semarang berhasil meraih kemenangan ketiganya di Liga 1 musim 2019 ini. Menjamu Persela Lamongan, Laskar Mahesa Jenar menang dengan skor 2-0. 

Hasil positif itu juga tidak lepas dari tangguhnya kiper PSIS, Jandia Eka Putra di bawah mistar gawang. Ia mampu melanjutkan cleansheet dari tiga laga terakhir PSIS.

Bek:

Putu Gede (Bhayangkara FC)

© Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Bek Bhayangkara FC, Putu Gede Copyright: Shintya Anya Maharani/INDOSPORTBek Bhayangkara FC, Putu Gede

Putu Gede sukses menyelamatkan timnya dari kekalahan atas TIRA-Persikabo. Meski tidak mencetak gol, ia berkontribusi membuat assist untuk gol Fergonzi menit ke-24. Laga ini sendiri berakhir dengan skor 1-1.

Wallace Costa (PSIS Semarang)

© Ronald Seger/INDOSPORT
Wallace Costa selebrasi usai mencetak gol ke gawang Persela. Copyright: Ronald Seger/INDOSPORTWallace Costa selebrasi usai mencetak gol ke gawang Persela.

PSIS Semarang beruntung memiliki bek asal Brasil, Wallace Costa. Selain tangguh dalam menjaga pertahanan, ia juga pandai mencetak gol dari bola-bola mati, salah satunya dari titik putih seperti yang dilakukan kala melawan Persela di pekan ketujuh beberapa hari lalu.

Ia membuka keunggulan PSIS atas Persela lewat tendangan penalti menit ke-63, sebelum digandakan oleh Shohei Matsunaga menit ke-86. PSIS pun menang dengan skor 2-0.

Purwaka Yudi (PSS Sleman)

© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Patrich Wanggai dijaga dua pemain, dalam laga pekan ketujuh Liga 1 2019 Kalteng Putra vs PSS Sleman, (Minggu 07/07/2019) (Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT). Copyright: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORTPatrich Wanggai dijaga dua pemain, dalam laga pekan ketujuh Liga 1 2019 Kalteng Putra vs PSS Sleman, (Minggu 07/07/2019) (Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT).

Dalam 11 pemain terbaik Liga 1 2019 pekan ke-7, rasanya Purwaka Yudi cocok disandingkan dengan Wallace Costa sebagai bek tengah. 

Hal itu karena ia mampu menjadi benteng kokoh PSS Sleman kala melawan Kalteng Putra, sehingga membuat barisan depan Laskar Isen Mulang frustasi.

Alfin Tuasalamony (Arema FC)

© Ian Setiawan/Indosport.com
Alfin Tuasalamony berharap Aremania tak lagi lakukan kesalahan fatal pasca lepasnya sanksi. Copyright: Ian Setiawan/Indosport.comAlfin Tuasalamony berharap Aremania tak lagi lakukan kesalahan fatal pasca lepasnya sanksi.

Sedangkan di posisi bek kiri, nama Alfin Tuasalamony adalah yang paling pas.  Kecepatan dan ketanggapannya dalam menghalau pergerakan lawan sangat bagus. Serta ia juga mampu menjaga keseimbangan antara membantu serangan, dan menjaga pertahanan.

Gelandang:

Irfan Jaya (Persebaya)

© Fitra Herdian/INDOSPORT
Irfan Jaya berusaha mengejar bola dari pemain Persib Bandung. Copyright: Fitra Herdian/INDOSPORTIrfan Jaya berusaha mengejar bola dari pemain Persib Bandung.

Penggawa Timnas Indonesia, Irfan Jaya jadi salah satu bintang lapangan dalam kemenangan 4-0 Persebaya atas Persib Bandung. Kelincahannya kerap membuat barisan bek Maung Bandung kerepotan, hingga puncaknya mencetak satu gol di menit ke- 81.

Lee Yoo-joon (Bhayangkara FC)

© Herry Ibrahim/Indosport.com
Pemain BFC, Lee Yoo Jun (tengah) berjibaku dengan pemain FC Tokyo. Copyright: Herry Ibrahim/Indosport.comPemain Bhayangkara FC Lee Yoo Jun (tengah) terjatuh dalam upanya mempertahankan bola dari rebutan pemain FC Tokyo.

Bergerak ke posisi gelandang tengah, nama Lee Yoo-joon layak mengisi posisi dengan daya jelajah yang cukup luas ini. Determinasinya dalam menjaga lini tengah Bhayangkara saat melawan TIRA-Persikabo di pekan ke-7, patut diacungi jempol. Dirinya beberapa kali mampu mematahkan serangan para pemain TIRA-Persikabo.

Makan Konate (Arema FC)

© Fitra Herdian/INDOSPORT
Striker Persebaya, Amido Balde (kiri putih) mendapat pengawalan dari pemain Arema FC, Makan Konate (Fitra Herdian/INDOSPORT). Copyright: Fitra Herdian/INDOSPORTStriker Persebaya, Amido Balde (kiri putih) mendapat pengawalan dari pemain Arema FC, Makan Konate (Fitra Herdian/INDOSPORT).

Satu nama lainnya yang pas menjadi tandem Lee Yoo-joon di sektor tengah, adalah Makan Konate. Penampilan impresifnya saat Arema FC membantai Persipura dengan skor 3-1, menjadi salah satu alasan ia layak masuk dalam best starting XI pekan ke-7. Puncaknya, saat Konate mencetak gol pembuka pada menit ke-7.

Haris Tuharea (PSS)

© olenas.id
Pemain PSS Sleman, Haris Tuharea Copyright: olenas.idPemain PSS Sleman, Haris Tuharea

Di sektor sayap kiri, ditempati oleh penyerang PSS Sleman, Haris Tuharea. Ia tampil gemilang dengan mencetak dua gol, saat membawa PSS menang 2-0 atas Kalteng Putra. 

Kecerdikannya dalam menempatkan diri, membuat Haris dua kali lolos dari perangkap jebakan offside pemain belakang Kalteng Putra.

Penyerang:

Samsul Arif (Barito Putera)

© Ronald Seger Prabowo/Indosport.com
Pemain Barito Putera, Samsul Arif. Copyright: Ronald Seger Prabowo/Indosport.comPemain Barito Putera, Samsul Arif.

Samsul Arif berhasil mengakhiri paceklik golnya di Liga 1 2019. Setelah lima tidak bisa mencetak gol dan jarang dimainkan, membuat Samsul langsun tampil trengginas ketika mendapat kepercayaan dari pelatih Yunan Helmi.

Di pekan ke-7 saat bertandang ke markas Perseru Badak Lampung FC, ia mencetak dua gol. Sayang, brace-nya belum mampu membawa timnya meraih kemenangan perdana, karena laga itu berakhir dengan skor 3-3. 

Amido Balde (Persebaya)

© Fitra Herdian/INDOSPORT
Selebrasi Amido Balde usai cetak gol gawang Persib Bandung laga Liga 1 pekan ke-7. Copyright: Fitra Herdian/INDOSPORTSelebrasi Amido Balde usai cetak gol gawang Persib Bandung laga Liga 1 pekan ke-7.

Dan satu nama yang paling sensasional di pekan ke-7 ini adalah penyerang Persebaya, Amido Balde. Bagaimana tidak, dirinya jadi bintang saat kemenangan 4-0 Persebaya atas Persib. Penyerang asal Guinea-Bissau itu memborong tiga gol sekaligus, sebelum ditutup oleh gol Irfan Jaya. 

© Arif Yahya/INDOSPORT
Starting terbaik pekan ke-7 Copyright: Arif Yahya/INDOSPORTStarting terbaik pekan ke-7