Bola Internasional

3 Alasan Lionel Messi Masih Bisa Menangkan Ballon d'Or

Selasa, 9 Juli 2019 14:25 WIB
Editor: Juni Adi
© Twitter
Lionel Messi dikartu merah oleh wasit Copyright: © Twitter
Lionel Messi dikartu merah oleh wasit

INDOSPORT.COM - Kegagalan Lionel Messi membawa Argentina berbicara banyak di Copa America 2019, bukan berarti kans dirinya merebut gelar Ballon d'Or tahun ini sirna.

Kehebatan Lionel Messi sebagai pesepakbola, kembali dipertanyakan oleh publik sepak bola duni tahun ini. Hal itu menyusul kegagalan Argentina merebut gelar Copa America 2019.

Albiceleste harus puas mengakhiri turnamen antara negara di Benua Amerika Selatan itu di peringkat ketiga, setelah mampu mengalahkan Chile dengan skor 2-1, pada Minggu (07/07/19).

Sebelumnya, Argentina lebih dahulu mengalami hasil pahit, karena kalah 0-2 dari tuan rumah Brasil di babak semifinal pada Rabu (03/07/19) lalu, yang membuat mereka gagal melaju ke partai puncak.

Ini merupakan kali kelima, Messi kembali gagal secara beruntun mewujudkan mimpinya meraih gelar internasional pertamanya bersama Argentina.

Meski begitu, bukan berarti kans Lionel Messi meraih gelar pemain terbaik dunia atau Ballon d'Or tahun 2019 ini tertutup. Sebab, ada beberapa faktor yang membuatnya masih layak menerima penghargaan itu. Berikut penjelasannya:

1. Rekor Luar Biasa Messi di Liga Spanyol

Kegagalan membawa Argentina merebut gelar juara Copa America 2019, tidak membuat publik menutup mata sepenuhnya dengan kehebatan Lionel Messi.

Salah satu alasannya karena dia menjalani musim 2018/19 kemarin dengan gemilang bersama Barcelona. Bahkan saking vitalnya peran Messi, membuat Blaugrana ketergantungan.

Torehan 36 gol dan menciptakan 13 assist di LaLiga Spanyol musim lalu, adalah buktinya. Ousmane Dembele dan Philippe Coutinho yang diharapkan bisa membantu produktivitas Barca gagal tampil sesuai harapan.

Hanya Luis Suarez yang akhirnya mampu membantu Messi menciptakan gol untuk Barcelona. Di sisi lain, ketergantungan ini bisa jadi berkah buat menambah peluang Messi menang Ballon d'Or.

2. Konsisten di Level Klub

Lionel Messi jadi salah satu pemain yang mempunyai konsistensi permainan cukup stabil di setiap musimnya di level klub. Pemain lain yang bisa menyamai kemampuannya itu adalah Cristiano Ronaldo.

Pemain berjuluk La Pulga itu hampir selalu mencetak gol atau memberi assist di semua laga Barcelona di LaLiga Spanyol. Bahkan di Liga Champions, semua klub pernah merasakan gawangnya di bobol oleh Messi kecuali Inter Milan.

Catatan tersebut merupakan yang terbaik di dunia, terutama dalam mencetak gol di semua kompetisi, tak ada yang lebih banyak dari Messi musim lalu.

Ronaldo yang merupakan rival abadinya, hanya mampu mencetak 28 gol musim lalu, sedangkan Messi mencetak 51 gol dan 22 assist.

3. Pemain Terbaik Argentina di Copa America

Argentina memang tampil buruk di turnamen Copa America 2019. Begitupun dengan sejumlah penggawa bintangnya, salah satunya adalah Lionel Messi. Dia hanya mampu mencetak 1 gol dan menciptakan 2 assist meski selalu tampil dari 6 laga yang dilakoninya.

Meski begitu, Messi bisa dibilang tetap merupakan pemain terbaik di antara pemain Argentina lainnya, berkat perannya sebagai playmaker ketimbang menjadi goal gatter.

Beroperasi sebagai pemain nomor 10 di belakang dua penyerang, Messi sukses mencatat rata-rata 4 dribel dan 1,8 umpan kunci per laganya.

Andai Sergio Aguero dan Lautaro Martinez tak telat panas sebagai ujung tombak, mungkin ceritanya akan berbeda karena umpan-umpan Messi bisa dimanfaatkan oleh rekan setimnya dengan baik.