Liga Indonesia

4 Hal yang Bisa Terjadi dalam Laga Persija Jakarta vs Persib Bandung

Selasa, 9 Juli 2019 15:42 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/Indosport.com
Persija Jakarta vs Persib Bandung di Liga 1 2018. Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport.com
Persija Jakarta vs Persib Bandung di Liga 1 2018.

INDOSPORT.COM - Setidaknya ada empat hal yang bisa saja terjadi dalam laga duel klasik Persija Jakarta vs Persib Bandung di Shopee Liga 1 2019.

Pekan kedelapan Liga 1 2019 mempertemukan Persija Jakarta vs Persib Bandung di stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Rabu (10/07/19), Sore.

Laga sepak bola ini merupakan pertemuan ke-39 sejak era profesional Liga Indonesia atau lebih tepatnya usai kompetisi Perserikatan dan Galatama dilebur.

Kali ini Persija kembali bisa menjamu Persib di SUGBK. Terakhir kali duel klasik ini terjadi pada 2014 silam di tempat yang sama.

Pada saat itu duel kedua tim berjalan dengan sangat ketat. Persija yang mendapat suntikan semangat dari pendukung setia mereka, yakni The Jakmania.

Sedangkan Persib harus bermain dengan suasana tertekan dari nyanyian para suporter lawan. Lantaran pendukung Maung Bandung dilarang datang oleh pihak kepolisian.

© Hery Ibrahim/Eli Suhaeli/INDOSPORT
Persija Jakarta vs Persib Bandung resmi main di GBK Copyright: Hery Ibrahim/Eli Suhaeli/INDOSPORTPersija Jakarta vs Persib Bandung resmi main di GBK.

Serangan Persija dan Persib terus terjadi akan tetapi tak ada yang berbuah gol sama sekali. Sehingga pertandingan ini berakhir imbang tanpa gol.

Saat itu tribune penonton disesaki hingga 66 ribu orang. Kini jumlah yang sama tampaknya bakal terjadi lantaran Panpel menjual 68 ribu tiket.

Kendati demikian, ada sesuatu yang menarik di balik duel klasik antara Persija vs Persib ini. Penggemar sepak bola nasional pun tampaknya mesti tahu hal-hal tersebut.

1. The Jakmania 'Berisik'

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Koreografi Jakmania sebelum laga dimulai. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTKoreografi Jakmania sebelum laga dimulai.

Hal pertama yang bakal terjadi di laga Persija vs Persib ialah suporter yang menamakan dirinya The Jakmania bakal berisik sepanjang 90 menit.

Lantaran 68 ribu tiket yang disebar, membuat para The Jakmania tak ingin menyia-nyiakan kesempatan klub kesayangan mereka berlaga.

Nyanyian atau chants dukungan untuk Persija diprediksi bakal terus bersuara demi memberikan dukungan penuh untuk Ismed Sofyan dan kolega.

2. Duel Fisik

© Tribun Solo
Suasana laga Persija vs Persib. Copyright: Tribun SoloSuasana laga Persija vs Persib.

Kemudian hal bisa saja terjadi dalam pertandingan Persija vs Persib adalah duel fisik dari kedua pemain. Sebab duel ini kerap panas sejak awal laga.

Salah satunya terjadi di musim 2018 lalu, dimana Persib vs Persija berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Jawa Barat.

Sepanjang laga, tensi berjalan panas. Bahkan pada menit ke-43, Supardi mengganjar Renan Silva. Usai wasit menyatakan pelanggaran, Renan mengambil bola dan menyikut Dedi Kusnandar yang mendekat.

Aksi saling dorong hingga adu argumen pun terjadi. Tak hanya itu Ardi Idrus juga sempat mendapat omongan kurang baik dari Ismed Sofyan saat laga berlangsung.

3. Hujan Kartu?

© Getty Images
Kartu Merah ilustrasi. Copyright: Getty ImagesKartu Merah ilustrasi.

Selain itu hal yang bisa saja terjadi di partai Persija vs Persib ialah diprediksi bakal ada hujan kartu dari wasit akibat tensi permainan yang panas.

Sepanjang Liga 1 digelar sejak 2017, Persija sudah mengoleksi 11 kartu kuning dan satu kartu merah dari sang pengadil lapangan.

Sementara itu Persib sudah mengemas sembilan kartu kuning dan satu kartu merah baik ketika bermain tandang ataupun kandang.

4. Wasit Kontroversial

© Getty Images
Shaun Evans saat masih menjadi wasit di Liga Australia. Copyright: Getty ImagesShaun Evans saat masih menjadi wasit di Liga Australia.

Hal yang kemungkinan bisa saja terjadi pada laga Persija vs Persib salah satunya wasit yang kerap memberikan keputusan kontroversial.

Mungkin banyak yang ingat dengan wasit Shaun Evans ketika kedua tim bertemu di Liga 1 2017 lalu. Kala itu Evans menganulir gol dari Ezechiel dan membuat suasana laga makin panas.

Lalu kinerja wasit juga mendapat sindiran dari mantan pelatih Persib Mario Gomez usai kalah tipis 0-1 di Liga 1 2018. Menurutnya wasit tak berlaku adil.

Hal serupa juga sempat diutarakan oleh eks juru skema Persija Stefano Teco. Ia juga sempat mengkritik wasit yang dianggapnya tidak bertindak tegas.