Rivalitas Sengit Setara Persija Jakarta vs Persib Bandung di Dunia NBA

Selasa, 9 Juli 2019 13:39 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© The Fine Line
Logo NBA. Copyright: © The Fine Line
Logo NBA.

INDOSPORT.COM - Rivalitas sengit seperti Persija vs Persib juga terjadi di NBA. Berikut 3 rivalitas sengit yang terjadi di dunia NBA. 

Pertandingan El Clasico Indonesia antara Persija Jakarta vs Persib Bandung akan berlangsung pada Rabu (10/07/19). Pertandingan sengit ini akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno. 

Bagi para pencinta sepak bola di Indonesia, rivalitas antara Persija Jakarta vs Persib Bandung adalah yang paling disorot dalam dua dekade belakangan ini. 

Selain korban jiwa dan kerusuhan yang terjadi, panasnya tensi pertandingan juga selalu menjadi sorotan dalam laga kedua tim. 

Rivalitas sengit seperti Persija vs Persib, Real Madrid vs Barcelona, atau Liverpool vs Manchester United nyatanya juga ada di dunia basket NBA. 

Berikut INDOSPORT merangkum 3 rivalitas sengit di dunia basket NBA. 

Chicago Bulls vs Utah Jazz 

Meski hanya berumur dua musim, rivalitas antara Chicago Bulls vs Utah Jazz tak bisa dipandang sebelah mata. Perseteruan antara pemain seperti Dennis Rodman dan Karl Malone juga terjadi dalam rivalitas ini. 

Rivalitas dimulai di final NBA 1997, Chicago Bulls yang diperkuat Michael Jordan unggul rekor menang kalah 69-13, namun Utah Jazz memberi perlawan berat meskipun Bulls akhirnya juara setelah menang 4-2. 

Setahun berselang Chicago Bulls kembali bertemu Utah Jazz di final NBA. Chicago Bulls yang sempat unggul 3-1, akhirnya harus berjibaku hingga game ke-6 untuk menang 4-2. 

Rivalitas ini diakhiri dengan momen indah saat Michael Jordan merebut bola dari Karl Malone dan melakukan tembakan dua poin saat pertandingan tersisa 5 detik saja. 

LA Lakers vs Boston Celtics

Jika Persija vs Persib adalah El Clasico Indonesia, Paris Saint-Germain vs Marseille Le Classique di Prancis, dan Real Madrid vs Barcelona adalah El Clasico yang asli, maka LA Lakers vs Boston Celtics adalah El Clasico di NBA. 

Rivalitas tersebut dimulai ketika LA Lakers bertemu Boston Celtics di final NBA 1959. Saat itu Boston Celtics memenangkan pertandingan dengan skor 4-0. 

Los Angeles Lakers vs Boston Celtics di final NBA hingga kini sudah terjadi sebanyak 12 kali. Setelah 1959, kedua tim bertemu di final NBA pada tahun 1962, 1963, 1965, 1966, 1968, 1969, 1984, 1985, 1987, 2008, dan 2010. 

Golden State Warriors vs Cleveland Cavaliers

Rivalitas antara Golden State Warriors vs Cleveland Cavaliers tentunya masih segar di ingatan dan mulai terjadi pada tahun 2015. 

Kedua tim bertemu di final NBA selama 4 musim berturut-turut. Golden State Warriors memenangkan 3 diantaranya dan Cleveland Cavaliers hanya mendapat 1 gelar. 

Rivalitas antara kedua tim ini juga diikuti oleh rivalitas antara kedua megabintang, Kevin Durant vs LeBron James.