Liga Indonesia

Seimbang, Pemain Ini Satu-satunya yang Pernah Cetak Gol ke Gawang Persija-Persib

Selasa, 9 Juli 2019 15:29 WIB
Editor: Juni Adi
© Tribunnews/Facebook
Legenda Persija dan Persib, Abanda Herman. Copyright: © Tribunnews/Facebook
Legenda Persija dan Persib, Abanda Herman.

INDOSPORT.COM - Abanda Herman jadi satu-satunya pemain yang pernah membela Persija-Persib tapi mampu mencetak gol  ke gawang kedua tim tersebut, sejak 10 tahun terakhir.

Duel panas akan tersaji di laga lanjutan Liga 1 2019 pekan ke-8 antara Persija Jakarta vs Persib Bandung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada Rabu (10/07/19) besok.

Hubungan yang kurang harmoni dari kedua tim dalam balutan rivalitas, membuat pertandingan syarat gengsi tersebut selalu meninggalkan cerita tersendiri. Salah satunya adalah kenangan yang pernah dibuat oleh Abanda Herman. 

Bek kelahiran Kamerun yang telah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) itu merupakan satu-satunya pemain dalam 10 tahun terakhir yang mampu mencetak gol ke gawang kedua tim, saat berseragam Persija maupun Persib.

Catatan unik itu diawali ketika ia tampil memperkuat Persija melawan Persib Bandung dalam lanjutan Indonesia Super League (ISL) pada 20 Juli 2008 lalu.

Bermain di Stadion Siliwangi, Persija sukses mempecundangi tuan rumah Persib dengan skor 3-2. Salah satu Persija disumbang oleh Abanda di menit ke-10.

Dua tahun berselang, Abanda kembali berhasil menggetarkan jala gawang Persib saat masih berseragam Persija.  Tepatnya pada 25 Maret 2010 lalu, ketika Persija menjamu Persib di Stadion Utama GBK dalam laga lanjutan ISL.

Kala itu, pemain yang kini berusia 35 tahun itu tampil heroik karena mencetak satu gol penting di menit ke-90, dan menyelamatkan Persija dari kekalahan dengan skor akhir 2-2.

Sementara itu, satu-satunya gol Abanda Herman ke gawang Persija saat berseragam Persib, dicetaknya di Stadion Si Jalak Harupat, Kab. Bandung pada 18 Maret 2011 silam.

Namun sayang, golnya ke gawang yang dikawal Hendro Kartiko di menit ke-79 itu, tak mampu menyelamatkan Persib dari kekalahan di depan ribuan pendukung setianya, dengan skor akhir 3-2.

Sempat mengalami performa yang menanjak bersama dua klub ternama Indonesia itu, perlahan karier Abanda Herman mulai meredup.

Terakhir, ia bermain membela Barito Putera tahun 2013 lalu. Setelah itu, namanya sudah tak pernah terdengar lagi kabarnya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
100%