Liga Indonesia

2 Kelemahan Menonjol Persib yang Bisa Dieksploitasi Persija untuk Menangkan Pertandingan

Rabu, 10 Juli 2019 07:56 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Lanjar Wiratri
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Official Training tim Persib Bandung jelang laga lanjutan Liga 1 melawan Persija Jakarta di Stadion GBK, Jakarta, Selasa (09/07/19). Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Official Training tim Persib Bandung jelang laga lanjutan Liga 1 melawan Persija Jakarta di Stadion GBK, Jakarta, Selasa (09/07/19). Herry Ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT. COM - Persib Bandung terbilang mempunyai beberapa kelemahan yang bisa dieksploitasi Persija Jakarta untuk memenangkan pertandingan. Apa saja?

Ya, kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1 2019, pada hari Rabu (10/07/19) ini akan menggelar sebuah laga panas. Pertandingan panas antara Persija Jakarta vs Persib Bandung, sore nanti bakal terhelat di Stadion Gelora Bung Karno.

Menatap pertandingan ini, kubu Persija Jakarta nampak memiliki modal cukup apik. Macan Kemoyoran tercatat belum terkalahkan dalam empat laga terakhirnya.

Sedangkan Persib Bandung, hasil mengecewakan beruntun harus diderita belakangan ini. Maung Bandung secara berturut menelan kekalahan dari Madura United dan Persebaya Surabaya dalam dua laga terakhirnya.

Keunggulan yang dipunya Persija Jakarta nampaknya bukan hanya itu saja. Selain modal apik dan status tuan rumah, Persija Jakarta juga bisa memanfaatkan sejumlah kelemahan yang dimiliki skuat Persib Bandung.

Lalu, apa saja kelemahan yang dimiliki oleh Persib Bandung tersebut? INDOSPORT coba merangkumnya ke dalam ulasan singkat berikut ini.

Permainan Terbuka

Persija Jakarta bisa mengambil kesempatan emas jika nanti sore Persib Bandung melancarkan permainan terbuka. Pasalnya, ketika Persib Bandung menerapkan strategi seperti itu, koordinasi lini belakang mereka akan kedodoran.

Kelemahan tersebut sangat terlihat kala Persib Bandung menelan kekalahan telak 0-4 dari Persebaya Surabaya beberapa waktu lalu. Persib Bandung yang menerapkan permainan terbuka, malah dibuat kerepotan ketika harus menggalang pertahanan.

"Kami beruntung dengan permainan Persib yang terbuka ini menguntungkan kami," ujar pelatih Persebaya Surabaya, Djajang Nurdjaman.

"Jujur jika Persib menerapkan pola permainan bertahan kami sedikit kesulitan," ujar pelatih asal Majalengka itu.

Duet Sepadan Bojan Malisic

Persib Bandung belakangan memang memiliki masalah di lini belakang. Terutama soal mencari duet sepadan Bojan Malisic, Maung Bandung nampak begitu kesulitan.

Ya, dalam dua kekalahan beruntun Persib Bandung, Bojan Malisic tak ditemani Achmad Jufriyanto di lini belakang. Achmad Jufriyanto harus menepi akibat sedang dibekap cedera.

Fakta kelemahan tersebut makin ketara, bila melihat rekor pertandingan Persib Bandung. Ketika Bojan Malisic diduetkan dengan Achmad Jufrianto di lini belakang, Persib Bandung musim ini sama sekali belum tersentuh kekalahan.

Oleh karena itu, Persija Jakarta bisa mengambil kesempatan emas jika Persib Bandung di laga sore nanti tak menduetkan Bojan Malisic dengan Achmad Jufrianto. Tapi, kabar teranyar menyebut, kalau kondisi Achmad Jufrianto kini sudah fit dan siap untuk dimainkan.