Liga Indonesia

Hadapi PSS Sleman, Persebaya Surabaya Mentas Tanpa Dukungan Bonek?

Rabu, 10 Juli 2019 07:55 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Indra Citra Sena
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Lanjutan Shopee Liga 1 tampaknya akan terasa sulit bagi Persebaya Surabaya karena terancam tanpa dukungan dari Bonek saat bertandang ke markas PSS Sleman. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Lanjutan Shopee Liga 1 tampaknya akan terasa sulit bagi Persebaya Surabaya karena terancam tanpa dukungan dari Bonek saat bertandang ke markas PSS Sleman.

INDOSPORT.COM - Lanjutan Shopee Liga 1 tampaknya akan terasa sulit bagi Persebaya Surabaya. Mereka terancam tanpa dukungan dari Bonek saat bertandang ke markas PSS Sleman.

Akun Instagram resmi Persebaya baru-baru ini mengunggah foto tampilan surat resmi yang menyatakan bahwa pihak kepolisian melarang Bonek datang ke Stadion Maguwoharjo, Sabtu (13/7/19), mendatang.

"Dulur-dulur Bonek yang ingin memberikan dukungan ke Persebaya saat melawan PSS mohon menahan diri. Pihak Polda DIY dan masyarakat setempat tidak memberikan kuota untuk suporter Persebaya," tertulis pada keterangan foto unggahan Persebaya.

Terancam tak dapat dukungan tentu akan membuat pasukan Djajang Nurdjaman tidak diuntungkan dalam pertandingan ini. Pihak manajemen Persebaya dan Bonek belakangan berembuk mencari solusi.

"Besok (hari ini) perwakilan manajemen dan Bonek akan datang ke Sleman untuk meminta konfirmasi dan penjelasan dari panitia pelaksana (panpel) di sana terkait putusan itu," tambah keterangan foto itu.

Keputusan surat resmi ini tampaknya untuk menghindari terjadinya aksi anarkis dan bentrok antarsuporter yang sempat terjadi kala PSS menjamu tim asal Jawa Timur lain, Arema FC, dalam laga pembuka Shopee Liga 1 2019, 15 Mei lalu.

Persebaya bukanlah satu-satunya klub yang akan kehilangan dukungan langsung dari kelompok suporter fanatik mereka di laga tandang. Persib Bandung juga mengalami hal serupa saat menyambangi markas Persija Jakarta, Rabu (10/7/19), nanti sore.

Larangan ini diberlakukan pihak kepolisian untuk menghindari bentrokan antarsuporter yang kerap terjadi. Saat memulai sesi latihan, para pemain Persib Bandung bahkan harus mendapat pengawalan ketat dari Kesatuan Brimob