Bola Internasional

3 Kehebatan Jaell Hattu, Calon Pemain Timnas Indonesia yang Dibuang PSV

Kamis, 11 Juli 2019 09:43 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Lanjar Wiratri
© GettyImages
Jaeel Hattu (PSV Eindhoven) Copyright: © GettyImages
Jaeel Hattu (PSV Eindhoven)

INDOSPORT. COM - Jaell Hattu, 'calon' pemain Timnas Indonesia yang disia-siakan oleh PSV Eindhoven ini, punya sejumlah kehebatan. Apa saja?

Ya, Indonesia punya cukup banyak pemain keturunan yang berkiprah di Belanda sana. Salah satu sosok yang kariernya sempat membela tim top Eredivisie Belanda ialah Jaell Hattu.

Nama Jaell Hattu merupakan gelandang berdarah Indonesia yang menimba ilmu di akademi sepak bola PSV Eindhoven. Kemampuannya terus meningkat dan naik level, mulai dari PSV U-17 hingga U-21.

Sayangnya, kiprah Jaell Hattu bersama PSV hanya sampai tim PSV U-21 saja. Kontraknya tak diperpanjang dan telah resmi dilepas PSV mulai 1 Juli 2019 lalu.

Mungkin banyak pecinta sepak bola Indonesia yang masih kurang familiar dengan nama Jaell Hattu. Maklum saja, walau memiliki status sebagai pemain keturunan, Jaell Hattu belum pernah sama sekali merumput di Indonesia.

Oleh karena itu, INDOSPORT coba mengulas lebih jauh tentang profil Jaell Hattu. Berikut beberapa kehebatan Jaell Hattu, 'calon' pemain Timnas Indonesia yang disia-siakan PSV.

Pernah Membantai Manchester United

Manchester United memang merupakan salah satu tim besar di Eropa. Sebuah prestasi tersendiri bila ada tim yang mampu mengalahkan Manchester United dengan skor besar.

Kebetulan, Jaell Hattu bersama PSV Eindhoven pernah melakukannya. Pada 25 November 2015 lalu, Jaell tampil membela PSV dalam laga Grup B UEFA Youth League kontra Manchester United.

Jaell Hattu tampil penuh sepanjang 90 menit pada pertandingan itu. Jaell Hattu pun berhasil membawa PSV menang telak 5-0 atas Manchester United.

Versatile Player

Versatile player adalah sebutan untuk pemain yang mampu menempati sejumlah posisi sekaligus. Pemain dengan kemampuan versatile player, biasanya sangat dibutuhkan ketika tim ingin melakukan rotasi.

Jaell Hattu pun kebetulan memiliki kemampuan tersebut. Berkarier sebagai pemain sepak bola, Jaell Hattu bisa menempati tiga posisi sekaligus, yakni gelandang tengah, gelandang serang, dan bek sayap kanan.

Diandalkan Timnas Belanda

Jaell Hattu memang memiliki darah keturunan Indonesia. Namun, hingga kini sosoknya masih tercatat sebagai warga negara Belanda.

Tak heran bila Jaell Hattu sempat beberapa kali diandalkan oleh Timnas Belanda. Ia pernah beberapa kali membela Timnas junior Belanda di beberapa level, U-15, U-16, dan U-17.

Jumlah caps Jaell Hattu bersama Timnas junior Belanda menyentuh angka lima kali. Paling banyak Jaell Hattu bermain di Timnas Belanda U-16 dengan catatan tiga penampilan.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
33%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
33%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
11%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
11%
IDS Emoticon Marah
Marah
11%