Liga Indonesia

Diprotes Telat Turunkan Pemain Muda, Pelatih Persipura Angkat Bicara

Kamis, 11 Juli 2019 13:53 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Sudjarwo/INDOSPORT
Gunansar Mandowen, salah satu Penggawa Muda Persipura Jayapura. Foto: Sudjarwo/INDOSPORT Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Gunansar Mandowen, salah satu Penggawa Muda Persipura Jayapura. Foto: Sudjarwo/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Hasil imbang yang didapat Persipura Jayapura saat menjamu Perseru Badak Lampung dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019 di Stadion Mandala, Rabu (10/7/19) kemarin, dianggap karena kecerobohan pelatih yang tak cepat memainkan pemain muda.

Menanggapi hal itu, pelatih sementara Persipura, Alan Haviludin, mengungkapkan jika dirinya tidak asal menurunkan pemain melawan Badak Lampung. Ia punya banyak pertimbangan untuk menentukan tim utama di laga tersebut.

Salah satunya, kata Alan, keputusan untuk menurunkan pemain di tim utama adalah dengan melihat kesiapan pemain Persipura. Menurutnya, siapa yang lebih siap dia yang akan mendapatkan tempat untuk bermain.

"Yang paling penting itu setiap pemasangan pemain berdasarkan kesiapan juga, jadi tidak selalu karena harus muda, tapi tergantung pada kesiapan mereka. Siapa yang paling siap itu yang diturunkan," ujar Alan kepada wartawan, Kamis (11/7/19).

"Saya sering bilang, ini kita berharap dari manusia dan terkadang kondisi mereka selalu berubah tiap detiknya," tambahnya.

Kata Alan, kegagalan mendapatkan tiga poin di laga tersebut tak bisa dilihat dari satu sisi saja, termasuk tidak diturunkannya pemain muda.

Alan berdalih, hasil disebuah pertandingan juga tak terlepas dari faktor keberuntungan.

"Saya fikir banyak yang harus kita benahi dan tidak cuma satu sisi saja. Tapi kita juga tidak bisa lupa dengan faktor keberuntungan, itu juga sangat berpengaruh," jelasnya.

Persipura Jayapura saat ini belum memiliki pelatih kepala setelah berakhirnya kerjasama dengan Luciano Leandro. Namun, mantan pelatih mereka, Jacksen F. Tiago, disinyalir segera kembali ke pelukan Tim Mutiara Hitam.