Liga Indonesia

Flashback Jacksen F. Tiago Saat Sukses Bawa Persipura Bantai Jawara Asia

Jumat, 12 Juli 2019 06:56 WIB
Editor: Coro Mountana
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Jacksen F Tiago pada jumpa pers Barito Putera jelang laga Liga 1 lawan Bhayangkara FC di stadion Patriot, Bekasi, Senin (27/05/19). Foto: Herry Ibrahim/Herry Ibrahim Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Jacksen F Tiago pada jumpa pers Barito Putera jelang laga Liga 1 lawan Bhayangkara FC di stadion Patriot, Bekasi, Senin (27/05/19). Foto: Herry Ibrahim/Herry Ibrahim

INDOSPORT.COM – Akhirnya Jacksen F. Tiago telah kembali ke Persipura Jayapura, klub yang pernah ia bawa untuk membantai jawara Asia.

Peristiwa bersejarah itu terjadi pada ajang Piala AFC 2014 di mana Persipura Jayapura harus memulai turnamen dari babak grup. Tergabung bersama Churchill Brothers (India), Home United (Singapura), dan New Radiant (Maladewa), Persipura sukses juarai grup.

Di babak 16 besar, langkah Persipura masih tak terbendung di mana mereka sukses menghajar wakil Myanmar, Yangon United dengan skor sangat telak, 9-2.

Atas capaian itu, Persipura pun berhak melaju ke babak 8 besar dan menjadi satu-satunya wakil Indonesia usai Arema tersingkir. Di babak 8 besarlah, peristiwa bersejarah terjadi saat Persipura sukses buat kejutan dengan membantai jawara Asia.

Lawan yang dihadapi Persipura saat itu adalah Al Kuwait yang merupakan jawara bertahan Piala AFC setelah jadi kampiun semusim sebelumnya.

Dikarenakan bertemu juara bertahan, Persipura tentu mengalami kesulitan yang sangat besar apalagi tim Indonesia kerap kesulitan saat bertemu tim timur tengah.

Benar saja, Persipura harus menyerah 2-3 di kandang Al Kuwait setelah gol dari Lim Joon-sik dan Gerald Pangkali tidak cukup untuk membawa satu poin ke Mandala untuk leg kedua. Tapi ternyata di leg kedua, Persipura yang diasuh Jacksen F. Tiago sukses membuat kejutan.

Tidak main-main juara bertahan Piala AFC dibantai dengan skor telak, 6-1 oleh Persipura Jayapura. Hattrick dari Robertino Pugliara, dan masing-masing sebiji gol dari Boaz Solossa, Titus Bonai, dan Ferinando Pahabol sukses benamkan Al Kuwait.

Persipura pun berhak tampil di semifinal Piala AFC yang mana itu merupakan sebuah prestasi yang tak bisa diulangi klub Indonesia manapun hingga saat ini. Namun sayang langkah Persipura harus terhenti di babak semifinal usai kalah dari Al Qadsia.

Kini Jacksen F. Tiago telah kembali dan mencoba untuk membangkitkan Persipura yang tengah tertidur di papan bawah.

Meski tidak akan mudah karena Persipura yang sekarang sangat berbeda jauh dengan yang Jacksen F.Tiago pimpin dulu. Tetap saja menarik untuk dinanti apakah Mutiara Hitam bisa seperti dulu lagi, jadi penguasa di Indonesia dan bantai jawara Asia.