Liga Indonesia

Mencari Kiper Baru untuk Persib Bandung, Siapa Pantas?

Jumat, 12 Juli 2019 10:39 WIB
Editor: Juni Adi
© Arif Rahman/INDOSPORT
Skuat Persib Bandung. Foto: Arif Rahman/INDOSPORT Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Skuat Persib Bandung. Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Persib Bandung harus ditinggal oleh kiper utamanya, Muhammad Natshir atau Deden karena harus absen lama akibat cedera parah. Dua kiper cadangan pun bersaing merebut posisinya yaitu I Made Wirawan dan Aqil Savik. 

Persib Bandung harus menerima kenyataan pahit lantaran ditinggal oleh salah salah satu pilar pentingnya di sektor penjaga gawang Muhammad Natshir, karena cedera.

Cedera tersebut dialami Deden saat membela Persib Bandung melawan Persija Jakarta di laga lanjutan Liga 1 2019 pekan ke-8 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada Rabu (10/07/19) lalu.

Deden harus meninggalkan lapangan lebih cepat dari rekan-rekan setimnya, usai berbenturan dengan gelandang Persija Bruno Matos di menit ke-30. Akibat insiden itu, kiper berusia 26 tahun ini mengalami patah tulang kering di kaki bagian kiri.

Tim medis pun langsung membawanya ke ambulans untuk dilarikan ke rumah sakit terdekat. Saat ini, Deden tengah menjalani perawatan intensif dan baru saja selesai melakukan operasi di RS Premier Bintaro.

"Tadinya mau dievakuasi ke Bandung tapi kurang memungkinkan kasian ke Deden nya, akhirnya dipindahkan ke salah satu rumah sakit dan di sana langsung persiapan operasi. Sekitar 3 jam proses operasinya," ungkap Dokter tim Persib, Rafi Ghani.

Karier Deden di Liga 1 2019 Selesai

Lebih lanjut, Rafi juga menuturkan pasca menjalani operasi, pemain asal Soreang tersebut diprediksi membutuhkan waktu sekitar enam bulan untuk bisa pulih. Namun, bisa saja proses pemulihan Deden Natsir bisa lebih cepat dari perkiraan.

"Alhamdulillah mudah-mudahan cepat sembuh. Tapi tetap secara terori kalau tulang sekitar 6 bulanan, karena pasca operasi ada rehabilitasi dan proses pemulihan lainnya. Bisa lebih cepat atau lebih lambat, tapi mudah-mudahan lebih cepat," harapnya. 

Kabar ini sekaligus membuat karier Deden Natshir di Liga 1 2019 dipastikan selesai. Sebab, kompetisi kasta tertinggi di Tanah Air itu sendiri akan tuntas di bulan Desember 2019 atau sekitar empat bulan lagi.

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts pun dibuat pusing dalam mencari sosok kiper utama baru untuk sisa musim ini. Dua nama kini bersaing memperebutkan posisi yang ditinggalkan Deden.

I Made Wiarawan atau Aqil Savik?

Mereka adalah kiper cadangan yakni I Made Wirawan dan Muhammad Aqil Savik. Secara teori, harusnya nama I Made lah yang maju jadi kiper utama, karena pria asal Bali itu merupakan penjaga gawang kedua setelah Deden.

Namun karena performa I Made yang angin-anginan dan hanya menjadi pilhan kedua, bisa membuat Rene Alberts berpikir ulang. Sejauh ini, I Made telah tampil sebanyak 5 kali di Liga 1 2019.

Dari kesempatan itu, dirinya telah kebobolan sebanyak lima kali, dan baru mencatatkan satu kali cleansheet. Meski catatan itu tidak buruk-buruk amat, namun Rene Alberts bisa memilih opsi memberi kesempatan bermain untuk kiper muda ketiganya, Aqil Savik

"Aqil terus menunjukkan progress dan harus dipertahankan. Dia bisa menjadi kiper masa depan Persib Bandung," ucap pelatih kiper Persib, Anwar Sanusi pada Januari 2018 lalu.

Penampilan Aqil Savik di bawah mistar gawang memang sudah menyita perhatian saat dia membawa Persib U-17 finis di peringkat ketiga di Piala Soeratin 2016 lalu.

Selain itu, Aqil juga jadi bagian skuat Timnas Indonesia U-19 yang berhasil menempati peringkat ketiga di Piala AFF U-19 2017 lalu.

Bukan karena bakat yang dimiliki olehnya, Bobotoh juga beberapa kali sudah menuntut Persib untuk coba memainkan Aqil dan mencadangkan dua kiper senior saat ini yaitu I Made Wirawan dan Muhammad Natshir.