Liga Europa

Tetap Menggiurkan, Ini Hitung-hitungan Pendapatan Man United dan Arsenal di Liga Europa 2019/20

Jumat, 12 Juli 2019 14:03 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© Getty Images
Anthony Martial saat membobol gawang Arsenal. Copyright: © Getty Images
Anthony Martial saat membobol gawang Arsenal.

INDOSPORT.COM – Manchester United dan Arsenal tetap menerima hadiah yang menggiurkan meskipun mereka harus mengarungi turnamen Liga Europa di musim 2019/20 kali ini.

Dua klub raksasa Liga Inggris itu tersingkir dari perburuan posisi empat besar Premier League musim 2018/19, yang membuat mereka gagal tampil di Liga Champions musim depan.

Sebagai imbasnya, mereka akan berkompetisi di Liga Europa, kasta kedua turnamen sepak bola paling bergengsi di Eropa. Dilansir Sport Mirror, Manchester United dan Arsenal akan memperebutkan hadiah sebesar 503 juta poundsterling atau setara Rp8,8 triliun di ajang tersebut.

Angka tersebut tergolong cukup menggiurkan meski tidak sebanding dengan hadiah 1,8 miliar poundsterling (Rp31 triliun) yang diperebutkan Manchester City, Liverpool, Tottenham Hotspur, dan Chelsea di Liga Champions musim depan.

Lantas, berapa besaran hadiah yang akan diterima Manchester United dan Arsenal di masing-masing tahap Liga Europa 2019/20 nanti?

Baru memasuki babak penyisihan grup, kedua klub akan menerima masing-masing hadiah sebesar 2,3 juta pounds atau Rp40 miliar).

Mereka juga akan mendapatkan 500 ribu pounds (Rp5,5 miliar) setiap menang di laga tandang dan 170 ribu pounds (Rp3 miliar) untuk hasil imbang. Juara grup akan mendapatkan 900 ribu poundsterling (Rp15 miliar), sedangkan runner-up akan menerima 450 ribu pounds (Rp7,9 miliar).

Masing-masing tim di babak 32 besar menerima 45 ribu pounds (Rp7,9 miliar), ditambah 1 juta pounds (Rp17 miliar) jika mereka berhasil mencapai babak 16 besar, dan 1,35 juta pounds (Rp23 miliar) bagi yang lolos ke perempatfinal.

Sementara semifinalis akan menerima masing-masing 2,16 juta pounds (Rp38 miliar), sedangkan masing-masing finalis akan menerima 4 juta pounds (Rp70 miliar) di tambah bonus 3,6 juta pounds (Rp63 miliar) bagi pemenang.

Menariknya, juara Liga Europa juga akan mendapatkan hadiah 3 juta pounds (Rp52 miliar) untuk tiket ke Piala Super Eropa, ditambah bonus 1 juta pounds (Rp17 miliar) untuk pemenang pertandingan tersebut.

Jadi, Manchester United atau Arsenal akan mengantongi hadiah Liga Europa sekitar 15 juta pounds (Rp264 miliar) apabila mampu mencapai setidaknya lolos ke babak final turnamen.

Tentunya, Liga Europa kali ini akan menjadi persaingan sengit kedua kubu Inggris. Arsenal menjadi runner-up Liga Europa musim lalu usai ditaklukkan Chelsea, sedangkan Manchester United pernah memenangkan turnamen ini pada tahun 2017.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%