Liga Indonesia

Personel Keamanan Laga PSS Sleman Vs Persebaya Ditambah, Ini Jumlahnya

Jumat, 12 Juli 2019 13:18 WIB
Penulis: Prabowo | Editor: Yohanes Ishak
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Kemeriahan suporter PSS Sleman Super Elang Jawa di stadion Maguwoharjo. Zaenal Hasan/INDOSPORT Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Kemeriahan suporter PSS Sleman Super Elang Jawa di stadion Maguwoharjo. Zaenal Hasan/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Pengamanan ekstra dilakukan di laga big match PSS Sleman vs Persebaya Surabaya pada lanjutan Shoope Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (12/07/19).

Ketua panpel PSS, Tri Mulyanta atau Mbah Mul menjelaskan, jumlah keamanan yang akan bertugas berjumlah 1100 personel.

Rinciannya, sekitar 250 dari TNI dan sebagian besar dari kepolisian. Jumlah itu belum termasuk pengamanan internal sejumah 100 orang yang juga disiapkan di setiap pertandingan.

"Dari pihak kemanan memang ada permintaan tambahan. Biasanya sekitar 750 gabungan TNI-Polri dan ditambah dari keamanan internal kami," kata Mbah Mul kepada INDOSPORT, Jumat (12/07/19).

"Mereka akan mengamankan tidak hanya di dalam stadion, namun juga jalur masuk ke stadion. Ada beberapa ring yang memang sudah dipetakan," ujar dia.

Mbah Mul menambahkan, penerapan sistem pengamanan berlapis juga terus dilakukan. Sistem tersebut mulai dijalankan sejak laga kandang kedua menjamu Semen Padang, beberapa waktu lalu.

"Langkah ini mudah menyaring penonton yang sudah memiliki tiket. Misal untuk masuk ke ring satu yang di pagar gerbang utama, penonton harus sudah menggunakan gelang tiket," tegasnya.

Sebelumnya, Panpel PSS membuat keputusan resmi terkait suporter tamu saat menjamu Persebaya. 

Berdasarkan surat pemberitahuan resmi yang dikeluarkan, Rabu (10/07/19), panpel memutuskan tak memberikan kuota suporter kepada Bonekmania. 

Panpel beralasan, keputusan tersebut diambil atas intruksi dari Kapolda DIY demi menjaga kondusivitas.

"Himbauan ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sesuai perintah dan intruksi surat Kapolda dan juga demi kebaikan bersama dan menjaga tali silaturahmi antara kita," demikian bunyi surat pemberitahuan tersebut.

PSS Sleman vs Persebaya Surabaya akan digelar pada hari Sabtu, (12/07/19) besok pukul 18:30 WIB di Stadion Maguwoharjo.