Liga Indonesia

Sama-sama Ingin Dinaturalisasi, Ternyata Jaell Hattu Akrab dengan Darren Sidoel

Jumat, 12 Juli 2019 18:04 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Aaron van Zandvoort/Soccrates/Getty Images/VI Images via Getty Images
Jaell Hattu dan Darren Sidoel. Copyright: © Aaron van Zandvoort/Soccrates/Getty Images/VI Images via Getty Images
Jaell Hattu dan Darren Sidoel.

INDOSPORT.COM – Dua pemain calon naturalisasi Indonesia, Jaell Hattu dan Darren Sidoel nyatanya begitu ‘akrab’. Karena keduanya pernah bermain bareng sekaligus menjadi musuh saat bermain di persepakbolaan Belanda.

Jaell Hattu dan Darren Sidoel sama-sama dipercaya mendapatkan satu tempat utama di Timnas Belanda U-15 dan U-16. Terhitung, kedua pemain keturunan Indonesia ini main bareng sebanyak 5 kali.

Itu terjadi ketika Timnas Belanda usia muda memainkan pertandingan persehabatan pada 2013 lalu. Dari 5 pertandingan yang dimainkan Jaell Hattu dan Darren Sidoel, Timnas Belanda muda menorehkan 2 kemenangan, 1 imbang, dan 2 kali kalah.

Dua kemenangan yang didapatkan tim muda Belanda itu terjadi ketika menghadapi Serbia (1-0) dan Belgia (2-1). Sayangnya, Darren Sidoel dan Jaell Hattu tidak mampu memberikan kontribusi nyata dengan menyumbangkan gol atau assist.

Sementara itu, kekalahan yang mereka rasakan adalah ketika berhadapan dengan Prancis (1-2) dan Jemarn (1-4). Pada dua laga berat tersebut, Jaell Hattu dan Darren Sidoel sama-sama dipercaya mengisi posisi starter di tim muda Belanda.

Sedangkan hasil satu kali imbang didapatkan Timnas Belanda U-15 saat menghadapi Belgia U-15. Saat itu Belanda dan Belgia harus bermain imbang 0-0. Lagi-lagi, Jaell Hattu dan Darren Sidoel menjadi pilihan utama di masing-masing posisinya.

© indonesianeleven
Darren Sidoel (Ajax). Copyright: indonesianelevenDarren Sidoel (kanan) saat memperkuat Jong Ajax beberapa tahun lalu.

Tak hanya menjadi rekan satu tim, nyatanya Jaell Hattu juga pernah menjadi lawan bagi Darren Sidoel. Momen itu terjadi ketika Jaell Hattu membela Jong PSV Eindhoven (tim U-19). Sedangkan Darren Sidoel masih berseragam Jong Ajax (tim U-19).

Keduanya terlibat bentrokan sebanyak dua kali pada musim yang berbeda, yakni 2016/17 dan 2017/18 lalu. Dalam dua kesempatan itu, hanya Darren Sidoel yang memulai pertandingan sejak awal. Sedangkan Jaell Hattu hanya memulai laga dari bangku cadangan.

Darren Sidoel dan Jaell Hattu nyatanya sama-sama kuat. Pertarungan mereka terbilang imbang, karena mereka sama-sama menang satu kali dari dua pertandingan.

Pertemuan pertama keduanya terjadi paa musim 2016/17 lalu, di mana Jong Ajax berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 2-0. Saat itu Jaell Hattu baru dimasukkan pada menit ke-27.

© Aaron van Zandvoort/Soccrates/Getty Images
Jaell Hattu melakukan selebrasi saat melawan Telstar di De Herdgang Belanda (03/05/19). Aaron van Zandvoort/Soccrates/Getty Images Copyright: Aaron van Zandvoort/Soccrates/Getty ImagesJaell Hattu melakukan selebrasi saat melawan Telstar di De Herdgang Belanda (03/05/19). Aaron van Zandvoort/Soccrates/Getty Images

Akan tetapi pada pertemuan kedua, Jaell Hattu berhasil mengalahkan Darren Sidoel dengan skor 3-0. Jaell Hattu sendiri baru memulai pertandingan pada menit ke-44. Namun sayangnya Jaell dan Sidoel tidak menciptakan gol dan assist.

Pertemuan ini pun tentunya membuat Jaell Hattu dan Darren Sidoel terlihat akrab. Apalagi keduanya sama-sama memiliki darah Indonesia di dalam tubuhnya. Sidoel dan Jaell pun secara terang-terangan berhasrat membela Timnas Indonesia di masa mendatang.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
20%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
40%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
20%
IDS Emoticon Marah
Marah
20%