Liga Indonesia

Wow! Wasit Internasional Ikut Soroti Hakim Lapangan Indonesia

Sabtu, 13 Juli 2019 21:20 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© mirror
Wasit langganan liga Primer Inggris, Mike Dean sempat mengomentari kinerja wasit dari Indonesia. Copyright: © mirror
Wasit langganan liga Primer Inggris, Mike Dean sempat mengomentari kinerja wasit dari Indonesia.

INDOSPORT.COM - Salah satu wasit terkenal di pertandingan sepak bola internasional, Mike Dean ikut menyoroti kinerja wasit di Indonesia. Hal ini sempat terungkap ketika komentator Indonesia, Valentino Simanjuntak, berkunjung ke ruang ganti.

Akun Instagram pribadi Valentino telah mengunggah video singkat pertemuannya dengan wasit yang kerap memimpin laga penting seperti pertandingan Liga Primer Inggris dan Liga Europa ini.

Video singkat itu menunjukan percakapan singkat antara komentator kondang yang sering berteriak "jebreet" dan wasit berusia 51 tahun itu. Dalam percakapan itu Dean sempat mengungkit tentang kinerja wasit di Indonesia.

"Senang bertemu denganmu, Saya dengar beberapa wasit di Indonesia sempat membuat masalah ya?," ujar Dean kepada Valentino.

Hal ini pun sempat diikuti oleh gelak tawa dari sang komentator dan beberapa orang lainnya di ruangan itu. Meski bagi Valentino tidak terlalu terdengar jelas Dean tampaknya juga ikut mengikuti perkembangan permasalahan wasit di Indonesia.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Valentino Jebreeet Simanjuntak (@radotvalent) pada

Apa yang disampaikan Dean sendiri tentu tidak sepenuhnya salah. Beberapa wasit Liga 1 2019 dinilai tidak bisa tegas dalam mengambil keputusan. Salah satunya ialah insiden pekan keenam Shopee Liga 1 2019 antara Barito Putera lawan PSIS Semarang, Minggu (30/06/19) lalu.

Pada laga itu wasit tak menganulir penalti yang seharusnya didapat Laskar Mahesa Jenar, meski pelanggaran benar-benar telah terjadi. Pihak PSIS pun sempat melayangkan surat protes terkait insiden ini karena dianggap merugikan.

Namun, meski turut mengomentari permasalahan wasit Tanah Air, Dean juga tidak sepenuhnya terlepas dari kontroversi. Salah satunya ialah laga antara Chelsea vs Arsenal tahun 2015 silam.

Pada laga Itu, Mike Dean sempat melakukan keputusan berani dengan mengganjar kartu merah untuk bek Gunners, Gabriel Paulista saat terlibat insiden dengan Diego Costa. Fans Arsenal bahkan sempat memberikan petisi larangan Dean untuk memimpin pertandingan klub tercintanya.