Liga Indonesia

Bantah Main Bertahan, Pelatih Arema FC Klaim Timnya Agresif dan Efektif

Minggu, 14 Juli 2019 07:55 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Pelatih Arema FC, Milomir Seslija memberikan keterangan kepada awak media usai memimpin sesi latihan. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Pelatih Arema FC, Milomir Seslija memberikan keterangan kepada awak media usai memimpin sesi latihan.

INDOSPORT.COM - Kemenangan 1-0 atas Semen Padang membuat pelatih Milomir Seslija berani mengklaim performa Arema FC sudah mulai berkarakter agresif dan lebih efektif dalam menjalankan skema permainan.

Keyakinan Milo, sapaan akrab Milomir, merujuk pada statistik laga yang berlangsung di Stadion H. Agus Salim, Padang, Jumat (12/7/19), kemarin. Meski hanya menang tipis, permainan Arema FC dianggap paling efektif sejauh ini.

"Banyak sekali peluang yang kami hasilkan. Meski hanya satu gol saja, tapi itulah sepak bola. Yang paling penting adalah menang," kata Milomir Seslija, Sabtu (13/7/19).

Milo pun tidak setuju jika Arema FC dinilai menampilkan permainan bertahan. Menurutnya, hal itu adalah salah satu strategi dalam skema tim dengan segala pertimbangan terkait situasi dan kondisi yang ada di atas lapangan.

Dari statistik di laman resmi Liga 1, Arema FC memang kalah dalam penguasaan bola dibandingkan Semen Padang (44 berbanding 56 persen). Namun, permainan mereka lebih efektif dengan unggul jumlah tembakan (18 dan 10) serta shot on goal (10 berbanding 2).

"Kami bukannya bermain bertahan saat sudah unggul, namun cenderung menghemat tenaga dengan melakukan serangan balik saja. Lagipula, cuacanya sangat panas di sini, berbeda dengan Malang yang sejuk," pungkas pelatih berpaspor Bosnia-Herzegovina itu.

Kemenangan atas Semen Padang sangat membantu memperbaiki posisi tim. Arema FC kini menduduki posisi ke-10 klasemen sementara Shopee Liga 1 2019 dengan meraih perolehan sembilan poin dari tiga kemenangan dan tiga kali kalah.