Liga Spanyol

Rusak Tradisi Sendiri, Barcelona Jadi Klub Terboros Eropa Sejak 2014

Minggu, 14 Juli 2019 21:46 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Barcelonas.com
Barcelona menjadi klub terboros di benua Eropa sejak 2014 dan merusak tradisi yang mereka bangun dengan membeli pemain-pemain mahal Copyright: © Barcelonas.com
Barcelona menjadi klub terboros di benua Eropa sejak 2014 dan merusak tradisi yang mereka bangun dengan membeli pemain-pemain mahal

INDOSPORT.COM - Raksasa Catalan, Barcelona, mengukuhkan dirinya sebagai klub terboros Eropa dalam kurun waktu lima tahun terakhir setelah berhasil mendaratkan Antoine Griezmann ke Camp Nou.

Dilansir dari Daily Mail, status tersebut diberikan kepada Blaugrana akibat pembelian jor-joran mereka yang kerap mendatangkan pemain bintang dengan harga fantastis. Griezmann menjadi pemain terakhir yang mereka datangkan dengan mahar 120 juta euro (sekitar Rp1,8 triliun).

Sejak 2014, Barcelona setidaknya telah mengeluarkan uang sebesar 1,08 miliar euro atau setara Rp17 triliun untuk berbelanja pemain. Nama-nama seperti Philippe Coutinho, Malcom, Ousmane Dembele, Frenkie de Jong, dan terakhir Antoine Griezmann menjadi sederet pemain bintang yang mereka datangkan.

Hal tersebut seakan menjadi sentilan bagi Barcelona yang memang terbilang jarang membeli pemain dengan harga fantastis. Terlebih, Blaugrana dicap dengan kemampuan mereka melahirkan bakat-bakat hebat dari akademi mereka, La Masia.

Xavi Hernandez, Andres Iniesta, Gerard Pique, Carles Puyol, Cesc Fabregas dan Lionel Messi merupakan sebagian nama yang mampu mencuri perhatian setelah mengenyam pendidikan di akademi La Masia.

Melihat Barcelona yang kerap berbelanja saat ini seakan bertolak belakang dengan tradisi mereka melahirkan bakat-bakat besar. Hingga saat ini, belum ada nama anyar yang lahir dari akademi La Masia.