Liga Spanyol

Datangkan Griezmann, Status Barcelona Beralih Jadi 'Raja Utang'

Senin, 15 Juli 2019 15:33 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© David Ramos/Getty Images
Antoine Griezmann saat diperkenalkan presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu di Camp Nou. Copyright: © David Ramos/Getty Images
Antoine Griezmann saat diperkenalkan presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu di Camp Nou.

INDOSPORT.COM – Barcelona dilaporkan menanggung utang yang semakin menumpuk pasca mendatangkan Antoine Griezmann dari Atletico Madrid pada bursa transfer musim panas 2019 ini.

Barcelona baru saja menyelesaikan kesepakatan transfer Antoine Griezmann dari rival Liga Spanyol, Atletico Madrid, dengan membayar mahar sebesar 108 juta pounds atau setara Rp1,8 triliun.

Akibat perekrutan gelandang asal Prancis ini, Barca mengalami penumpukan utang hingga mencapai 800 juta pounds atau Rp13 triliun.

Hutang sebesar itu cukup mengejutkan mengingat Barca merupakan salah satu klub olahraga yang menghasilkan paling banyak pemasukan dari aktivitas transfer pemain, hadiah turnamen, sponsor, dan sebagainya.

Dilansir dari Sportbible, kampiun LaLiga Spanyol itu disarankan untuk menjual beberapa pemainnya guna mengurangi beban utang sebelum musim 2019/20 di mulai.

Pemain buangan Barca, Malcom, bisa dijual musim panas ini menyusul rumor kepindahannya ke Arsenal. Klub itu juga bisa melepas Ousmane Dembele yang bakal tersingkir karena kedatangan Griezmann.

Selain itu, Barca juga berpotensi mendapatkan tambahan uang jika Phillipe Coutinho bersedia kembali ke Liverpool setelah mengarungi satu musim yang mengecewakan.

Tambahan uang itu selain untuk membayar utang juga sangat dibutuhkan Barca jika jika masih ingin membeli pemain baru, salah satunya Neymar.

Belum lagi dengan rencana Barca mengucurkan dana 538 juta pounds (Rp9,4 triliun) guna merenovasi Camp Nou dan ditargetkan selesai pada tahun 2023 mendatang.

Perlu diketahui, Blaugrana menjadi klub paling boros dunia sejak lima tahun terakhir. Terhitung sejak 2014, Barcelona setidaknya telah mengeluarkan uang sebesar 1,08 miliar euro atau setara Rp17 triliun untuk berbelanja pemain seperti pembelian Antoine Griezmann.

Nama-nama seperti Philippe Coutinho, Malcom, Ousmane Dembele, Frenkie de Jong, dan terakhir Antoine Griezmann menjadi sederet pemain bintang yang mereka datangkan.
 

3