In-depth

Bahaya Laten Klub Papan Bawah, Tradisi Menjungkalkan Kandidat Juara Liga 1

Selasa, 16 Juli 2019 17:01 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© INDOSPORT
Logo Liga 1 2019: Bahaya Laten Klub Papan Bawah, Tradisi Menjungkalkan Kandidat Juara Liga 1 Copyright: © INDOSPORT
Logo Liga 1 2019: Bahaya Laten Klub Papan Bawah, Tradisi Menjungkalkan Kandidat Juara Liga 1

INDOSPORT.COM - Kompetisi tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1 2019 telah memasuki pekan ke-9 dan kembali terdapat klub-klub papan bawah ternyata mampu menjungkalkan kandidat juara.

Puncak klasemen sementara Liga 1 2019 hingga pekan ke-8 bergulir ialah Tira-Persikabo yang mengoleksi 16 poin dari delapan pertandingan sudah dilakoni.

Diikuti oleh Bali United di urutan ketiga klasemen sementara yang mengoleksi jumlah poin sama namun baru memainkan tujuh pertandingan. 

Lalu peringkat ketiga dan keempat klasemen sementara Liga 1 2019 masing-masing dihuni oleh Madura United dan Persebaya Surabaya. Kedua tim tersebut mengoleksi 14 dan 12 poin hingga saat ini.

Namun perlu diketahui oleh para pecinta sepak bola Indonesia, bahwa klub-klub papan bawah ternyata kerap kali memberikan ancaman kepada kandidat juara Liga 1 atau lebih tepatnya mereka yang sedang ada di papan atas.

Yang mungkin bisa menjelaskan fenonema ini adalah Barito Putera yang mendapatkan kemenangan pertama mereka di Liga 1 2019 saat menjamu Bali United, Minggu (14/07/19) kemarin.

Barito Putera mampu mengunci kemenangan tipis 1-0 berkat gol Rafael da Silva di Stadion Lehman Demang. Ini merupakan kemenangan pertama mereka usai tujuh laga sebelumnya mencatat empat kali imbang dan tiga kali kalah.

Kemenangan pertama juga dicatat oleh Persipura Jayapura yang menaklukkan Madura United dengan skor tipis 1-0 berkat gol tunggal Boaz Solossa di menit ke-8 di Stadion Mandala. 

Selain kemenangan pertama, ini juga merupakan pertandingan perdana Persipura di bawah kepelatihan Jacksen F. Tiago yang kembali ditunjuk menjadi pelatih kepala.

Baik Barito Putera atau Persipura pun langsung meninggalkan papan bawah klasemen sementara Liga 1 2019. Barito saat ini berada di urutan ke-14 sementara Persipura ada di peringkat ke-15 klasemen sementara.

Bahaya laten klub papan bawah menjungkalkan kandidat juara Liga 1 ini pun juga terjadi di Liga 1 2018. Berikut INDOSPORT bahas apa saja yang terjadi di Liga 1 musim lalu, antara klub papan bawah dan kandidat juara Liga 1.