Bola Internasional

Bawa Lechia Gdansk Juara Piala Super, Pelatih Egy Maulana Vikri Cetak Sejarah di Liga Polandia

Selasa, 16 Juli 2019 15:55 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Lanjar Wiratri
© Instagram/@lechia_gdansk
Selebrasi Lechia Gdansk usai berhasil meraih gelar Piala Super Polandia. Copyright: © Instagram/@lechia_gdansk
Selebrasi Lechia Gdansk usai berhasil meraih gelar Piala Super Polandia.

INDOSPORT.COM – Piotr Stokowiec mencatatkan namanya ke dalam buku sejarah Lechia Gdansk usai membawa mereka meraih gelar juara Piala Super Polandia 2019.

Berkat gelar tersebut, Stokowiec dinobatkan sebagai salah satu pelatih tersukses sepanjang sejarah klub Lechia Gdansk. Sebelumnya, pelatih berusia 47 tahun itu telah memberikan trofi Piala Polandia 2018/19 bagi klub berjuluk Bialo Zieloni alias Si Putih Hijau tersebut.

Meraih dua trofi dalam kurun waktu satu setengah musim membuat Stokowiec menjadi pelatih era modern dengan jumlah gelar juara terbanyak bagi Lechia Gdansk.

Jika dihitung, pelatih kelahiran Kielce tersebut berhasil mempersembahkan dua trofi juara pada Lechia Gdansk dalam hitungan 73 hari. Gelar juara pertama mereka raih setelah mengalahkan Jagiellonia Bialystok dengan skor tipis 1-0 pada partai final Piala Polandia 2018/19 yang dilangsungkan pada tanggal 2 Mei lalu.

Kurang dari tiga bulan kemudian, Lechia Gdansk berhasil meraih gelar keduanya bersama Piotr Stokowiec setelah mengalahkan kampiun Liga Ekstraklasa, Piast Gliwice, pada perebutan Piala Super Polandia pada Minggu (14/7/19) lalu.

Pada pertandingan tersebut, Lechia Gdansk berhasil mengalahkan Piast Gliwice dengan skor 3-1 lewat dua gol Lukas Haraslin dan satu gol tambahan dari Jaroslwa Kubicki.

Catatan Piotr Stokowiec itu menyamai prestasi pelatih legendaris Lechia Gdansk, Jerzy Jastrzebowski yang juga sukses mempersembahkan trofi juara Piala Polandia dan Piala Super Polandia pada tahun 1983.

Di bawah mereka berdua, ada nama Tadeusz Fory yang juga tercatat sebagai salah satu pelatih tersukses dalam sejarah Lechia Gdansk. Pada tahun 1956, Fory berhasil mengantar klub yang saat ini dibela Egy Maulana Vikri menempati posisi runner-up Liga Utama Polandia.

IDS Emoticon Suka
Suka
33%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
33%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
33%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%