Liga Inggris

On This Day: Striker Bengal Diego Costa Merapat ke Chelsea

Selasa, 16 Juli 2019 05:59 WIB
Editor: Juni Adi
© Twitter.com/@chelseafc
Diego Costa saat resmi ke Chelsea pada 16 Juli 2014 lalu. Copyright: © Twitter.com/@chelseafc
Diego Costa saat resmi ke Chelsea pada 16 Juli 2014 lalu.

INDOSPORT.COM - Hari ini tepatnya di tanggal 16 Juli 2014 lalu menjadi sebuah hari yang cukup spesial bagi striker berpaspor Spanyol, Diego Costa. Sebab, dirinya resmi merapat ke salah satu klub terbaik di Inggris, Chelsea.

The Blues memboyong Costa dari Atletico Madrid, dengan biaya transfer sebesar 32 juta poundsterling atau setara Rp557 miliar, dan langsung dikontrak selama lima tahun ke depan atau hingga 2019.

"Saya sangat senang pindah ke Chelsea. Setiap orang tahu bahwa klub ini besar dan sangat bersaing di liga, dan saya sangat senang bisa turun di Inggris," kata Diego Costa.

Dirinya menjadi pemain ketiga yang dibeli Chelsea di musim panas saat itu, setelah Cesc Fabregas dari Barcelona dan Mario Pasalic dari Hajduk Split.

Penyerang Mematikan

Mendapatkan Diego Costa, membuat pendukung setia Chelsea ikut senang. Sebab, dirinya merupakan sosok bomber haus gol dalam beberapa tahun terakhir.

Hal itu sudah dibuktikannya saat membuat 36 gol dalam 51 pertandingan untuk Atletico Madrid musim 2013/14 lalu dan klub asal Madrid itu memenangkan gelar LaLiga pertama sejak 1996 dan juga melaju ke final Liga Champions.

Tak hanya di klub lama, kecemerlangan Costa rupanya berlanjut bersama Chelsea. Ia mendapat garansi pemain utama di lini depan, ketika Jose Mourinho kembali datang melatih.

Di musim pertamanya, ia mampu mencetak 20 gol dari 26 pertandingan yang telah dilakoninya bersama Chelsea di liga domestik serta sukses membawa klub barunya itu merebut gelar Premier League musim 2014/15. 

Namun sayang, ketajaman dan performanya di musim-musim berikutnya mulai menurun. Ia hanya bisa membuat 12 gol dari 28 pertandingan di musim 2015/16, dan 20 gol dari 35 pertandingan di musim 2016/17.

Hengkang dan Penyesalan

Tak kerasan lagi dan kerap berselisih dengan pelatih baru Antonio Conte yang menggantikan Mourinho, Diego Costa pun memilih hengkang kembali ke sang mantan Atletico Madrid, pada Januari 2018 karena jarang mendapat tempat di tim utama.

Pemain kelahiran Brasil itu menghabiskan enam bulan terakhirnya di Chelsea tanpa bermain sedetik pun. Hal ini yang lantas membuat dia geram dan mengaku menyesal pernah memperkuat klub asal London itu.

"Itu kenangan yang sangat buruk, tapi itu bukan salahku. Orang-orang bebas berkata apapun, tapi sebelum menilai, lihat runutan kejadiannya; lihat pelatihnya, lihat Conte," ujar Costa kepada Marca (28/09/18).

"Aku salah pindah ke Chelsea, karena melihat cara mereka menangani situasi yang ada. Cholo (Diego Simeone) itu pelatih yang jujur, dan ketika dia tidak menyukai Anda, maka dia akan menunjukkanya dengan jelas. Di Chelsea tidak seperti itu," ungkapnya.

Selama empat musim berkarier di Stamford Bridge membela Chelsea, Diego Costa sukses meraih dua gelar Premier League dan satu gelar Piala Liga Inggris.

Berikut Salah Satu Aksi Brilian Diego Costa dalam Mencetak Gol

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%