Liga Indonesia

Realistis, PSSI Targetkan Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021 dan Lolos Olimpiade 2024

Selasa, 16 Juli 2019 18:15 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan, Tempo.co | Editor: Indra Citra Sena
© supersoccer.tv
Indonesia targetkan lolos Olimpiade 2024, salah satunya dengan tumpuan Garuda Select yang beberapa waktu lalu berlatih di Inggris. Copyright: © supersoccer.tv
Indonesia targetkan lolos Olimpiade 2024, salah satunya dengan tumpuan Garuda Select yang beberapa waktu lalu berlatih di Inggris.

INDOSPORT.COM - PSSI selaku induk federasi sepak bola Indonesia membidik status tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 dan lolos ke Olimpiade 2024. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Ratu Tisha Destria mengisyaratkan target itu cukup realistis.

Menurutnya, PSSI telah menjalankan strategi untuk mencapai dua hal tersebut sejak 2018. Federasi menyiapkan pemain muda lewat program Elite Pro Academy U-16, sertifikasi pelatih, serta membentuk Garuda Select sebagai bagian dari proyeksi masa depan timnas Indonesia.

Pembangunan sumber daya manusia tentunya tak lengkap tanpa fasilitas yang optimal. Untuk menyiasati kendala infrastruktur, PSSI melakukan percepatan berupa pengajuan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

Selanjutnya, hasil yang diharapkan dari pembangunan tersebut ialah Olimpiade 2024. Untuk bisa bermain di sana, Indonesia wajib menempati posisi tiga besar Piala Asia U-23 2024.

“Dengan dua strategi besar tersebut, kami tidak sedang lagi bermimpi untuk bisa menyelenggarakan Piala Dunia dan lolos ke Olimpiade. Target kami semakin jelas terbayang,” ujar Ratu Tisha.

Indonesia sendiri sudah sangat lama tidak berpartisipasi di ajang sepak bola Olimpiade. Terakhir kali skuat Garuda tampil ialah pada Olimpiade 1956 yang diadakan di Melbourne, Australia. Kala itu, Indonesia berhasil menembus babak semifinal.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%