Liga Indonesia

Detik-detik Irfan Jaya Ditekel di Kotak Penalti dan Dibiarkan Wasit, Persebaya Dirugikan?

Rabu, 17 Juli 2019 22:58 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:

INDOSPORT. COM - Pertandingan PSM Makassar vs Persebaya Surabaya yang baru selesai Rabu (17/07/19) malam tadi, menyisakan sebuah kontroversi. Pemain Persebaya Surabaya, Irfan Jaya, ditekel di kotak penalti oleh bintang PSM Makassar, dan dibiarkan wasit.

Ya, PSM Makassar dan Persebaya Surabaya saling beradu dalam laga lanjutan Liga 1 2019. Kedua tim bertanding di markas PSM Makassar, Stadion Andi Mattalata.

PSM Makassar yang bertindak sebagai tuan rumah, berhasil menuai hasil manis. Tim Juku Eja sukses mengalahkan Bajul Ijo dengan skor tipis 2-1.

Laga itu sendiri ternyata menyisakan sebuah kontroversi. Pada menit ke-60, terjadi sebuah insiden yang melibatkan pemain Persebaya Surabaya, Irfan Jaya, dan bintang PSM Makassar, Marc Klok.

Kala itu, papan skor pertandingan masih imbang 1-1. Persebaya Surabaya coba mengancam gawang PSM Makassar lewat kecepatan Irfan Jaya dari sisi sayap kanan penyerangan.

Sayang, saat ruang Irfan Jaya di area kotak penalti sudah terbuka lebar, ia tiba-tiba harus terjatuh. Irfan Jaya mendapat tekelan dari Marc Klok yang berusaha menggagalkan peluang tersebut.

Menanggapi insisden Irfan Jaya vs Marc Klok itu, wasit tak bergeming. Sang pengadil lapangan tidak meniupkan peluit tanda terjadinya pelanggaran.

Detik-detik Irfan Jaya yang ditekel Marc Klok, bisa dilihat dalam video unggahan akun @pengamatsepakbola. Akun @pengamatsepakbola pun memberikan opininya dalam caption unggahan.

"Penalti? Marc Klok melakukan tekel dua kaki dari arah belakang kepada Irfan Jaya di dalam kotak penalti, namun wasit tidak menganggap itu sebagai pelanggaran," tulis akun @pengamatsepakbola.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Pengamat Sepakbola 🔵 (@pengamatsepakbola) on

Sementara itu, kalau dilihat secara lebih detail lagi, dalam video tadi sang komentator pertandingan juga coba memberikan pendapat. Sang komentator pertandingan menilai tekelan dari Marc Klok kepada Irfan Jaya seharusnya dinilai sebagai pelanggaran.

"Sebuah penalti sebetulnya, ada sepakan dari Marc Klok tadi, walaupun bermaksud menghalau bola, tetapi mengenai kaki Irfan Jaya," bunyi ucapan komentator pertandingan.

Begitulah kurang lebih detik-detik dari insiden Irfan Jaya yang ditekel Marc Klok di kotak penalti dan dibiarkan wasit. Bagaimana menurut kalian, apakah Persebaya Surabaya dirugikan?