Liga Indonesia

Kinerja Wasit Dikritik, PSSI Coba Jalin Kerja Sama dengan Lembaga Internasional

Rabu, 17 Juli 2019 19:05 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Indra Citra Sena
© Eli Suhaeli/INDOSPORT
Terus mendapat kritik terkait kinerja wasit, PSSI jalin kerjasama dengan lembaga pelatihan internasional. Copyright: © Eli Suhaeli/INDOSPORT
Terus mendapat kritik terkait kinerja wasit, PSSI jalin kerjasama dengan lembaga pelatihan internasional.

INDOSPORT.COM - Kinerja wasit di Shopee Liga 1 2019 dianggap mengecewakan. PSSI tengah mencoba menjalin kerja sama pengembangan wasit dengan lembaga internasional.

PSSI tengah melakukan kerja sama dengan Profesional Game Match Officials Limited (PGMOL), lembaga khusus yang memberikan pelatihan bagi wasit asal Inggris. Kedua pihak diketahui telah melakukan diskusi bersama terkait kerjasama ini.

"Richard Beeby selaku perwakilan PGMOL ingin melihat keadaan Indonesia secara langsung dan melakukan pembahasan dengan kami mengenai pengembangan wasit selama di sini," ujar, Sekjen PSSI, Ratu Tisha, seperti dilansir situs PSSI.

"Dia juga melakukan diskusi dengan wasit FIFA dari Indonesia," tambah Tisha.

Kehadiran PGMOL diharapkan bisa meningkatkan kualitas perangkat pertandingan PSSI di Liga 1 2019. Pelatihan ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas wasit, asisten wasit, hingga referee assesor.

Program ini tentu bisa membantu meningkatkan kualitas wasit yang dinilai tidak mampu berlaku adil sepanjang Liga 1 2019. Sudah banyak permasalahan terkait wasit seperti dianulirnya hukuman dan kesalahan penetapan gol.

Tak ayal, hal ini sempat membuat banyak pihak seperti fans dan tim sepak bola merasa sangat dirugikan atas buruknya kinerja wasit di Indonesia. Mereka sempat melayangkan kritik bertubi-tubi.

Saking buruknya kualitas wasit Indonesia, salah satu pengadil top internasional, Mike Dean, sampai ikut berkomentar beberapa waktu lalu.