Liga Indonesia

Berkat Jacksen, Wonderkid Papua dari Liga 3 Tembus Skuat Timnas U-22

Sabtu, 20 Juli 2019 14:43 WIB
Penulis: Martini | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

INDOSPORT.COM – PSSI kembali memanggil sejumlah pemain sepak bola muda untuk melakukan pemusatan latihan dan membela Timnas Indonesia U-22 di ajang SEA Games 2019, Kamis (18/07/19) kemarin. Salah satu pemain debutan yang turut dipanggil adalah bintang muda asal Papua, Yakob Sayuri.

Meski besar di Indonesia Timur dan sebelumnya hanya bermain untuk Persemi Mimika di Liga 3 zona Papua, namun Yakob Sayuri saat ini telah berstatus sebagai striker Barito Putera di kompetisi Shopee Liga 1 2019.

Adapun salah satu sosok yang berjasa dalam karir Yakob Sayuri hingga mampu menembus skuat Timnas U-22 adalah eks pelatih Barito, Jacksen F. Tiago, sebab ia yang memutuskan untuk memboyong Yakob ke Barito jelang kompetisi Liga 1 2019. Hanya saja pelatih asal Brasil tersebut baru-baru ini mundur dari kursi kepelatihan Laskar Antasari.

Mengenai statusnya yang kini resmi berlabel sebagai pemain Timnas, Yakob Sayuri mengaku bersyukur dan ingin membawa nama baik Papua di pentas sepak bola internasional.

“Puji Tuhan saya kembali dipercaya, pemanggilan ini membuat saya bersemangat. Saya sendiri akan memberikan kemampuan terbaik untuk bisa terus sampai Sea Games nanti,” ujar Yakob Sayuri seperti dilansir dari laman resmi Barito Putera.

Sebelumnya ia juga mengucapkan terima kasih kepada Jacksen F. Tiago dan keluarga besar Barito Putera yang telah memberinya kesempatan untuk naik kasta dari Liga 3 ke Liga 1.

“Saya pribadi mengucapkan terima kasih kepada manajemen, pelatih (Jacksen F. Tiago) dan kakak-kakak senior di dalam tim Barito. Terima kasih karena setiap musim manajemen selalu merekrut pemain muda,” ujarnya kepada awak media olahraga INDOSPORT.

Kini manajemen Barito menunjuk Yunan Helmi untuk meneruskan kiprah Jacksen Tiago sebagai pelatih, sementara sang arsitek asal Brasil itu kembali ke Papua guna membesut Persipura Jayapura.

Sementara itu pemusatan latihan Timnas Indonesia U-22 akan dilangsungkan mulai Minggu (21/07/19) hingga Rabu (31/07/19). Seluruh pemain yang terpilih diminta untuk berkumpul di Hotel Best Western Senayan, Jakarta.