Liga Spanyol

Mantan Terindah Barcelona Resmi Pulang ke Camp Nou

Sabtu, 20 Juli 2019 17:04 WIB
Penulis: Masya Famely Ruhulessin | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Richard Sellers/PA Images via Getty Images
Victor Valdes, mantan pemain Barcelona yang kini kembali sebagai pelatih. Copyright: © Richard Sellers/PA Images via Getty Images
Victor Valdes, mantan pemain Barcelona yang kini kembali sebagai pelatih.

INDOSPORT.COM - Mantan kiper Barcelona, Victor Valdes telah resmi kembali ke Camp Nou sebagai pelatih tim muda mereka, berselang lima tahun setelah pergi sebagai pemain.

Dilansir dari The Sun, kabar bahagia tersebut diumumkan juara La Liga musim lalu pada Jumat (19/07/19). Dikatakan, Valdes akan mengambil alih tim U-19 Barcelona.

Kembali pada tahun 2017, Valdes resmi pensiun pada akhir tahun dengan klub Liga Primer, Middlesbrough. Ia bermain di sana setelah musim yang singkat dengan Manchester United.

Memenuhi syarat untuk lisensi kepelatihan UEFA A dan B-nya memungkinkan pemain berkebangsaan Spanyol itu mulai bekerja di klub tingkat kelima Moratalaz.

Setelah memenangkan liga dengan tim junior mereka, Valdes dipanggil kembali ke Barcelona untuk bekerja dengan skuat Juvenil A. Ia diberi kontrak satu tahun dengan opsi untuk musim selanjutnya.

Kiper itu tampil dalam 539 pertandingan untuk Blaugrana. Hebatnya lagi, ia adalah produk akademi Barcelona, La Masia. Bersama klub, ia berhasil enam gelar La Liga dan tiga trofi Liga Champions.

Barcelona memang mengagumi Valdes dan mengatakan ia adalah sosok yang solid di tengah gawang, serta seorang ahli dalam memainkan bola dengan kakinya. Sayang sekali, ia tak menerima perlakuan yang sama dari Manchester United.

Tim U19 Barcelona bermain di Division de Honor yang terpecah secara regional, di mana mereka finis kedua di Grup 3 di belakang Real Zaragoza musim lalu.