Liga Indonesia

Uji Coba Persija dan Madura United Buat PSSI Didenda AFC Puluhan Juta Rupiah

Minggu, 21 Juli 2019 12:47 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Marko Simic saat selebrasi usai jebol gawang Selangor FA. Copyright: © INDOSPORT/Herry Ibrahim
Marko Simic saat selebrasi usai jebol gawang Selangor FA.

INDOSPORT.COM - Uji coba internasional yang dilakukan dua tim besar Liga Indonesia yakni Persija Jakarta dan Madura United pada bulan September 2018 lalu, membuat PSSI dijatuhi denda oleh AFC hingga puluhan juta. Kenapa?

Melansir pada laporan Komite Etik dan Displin AFC dalam putusan yang jatuh pada 12 Juli 2019 lalu, pihak AFC sepakat menjatuhkan hukuman kepada PSSI akibat dua laga uji coba yang dilakukan Macan Kemayoran dan Laskar Sapeh Kerap kontra tim Malysia, Selangor FA pada 4 September serta 6 September 2018 silam.

Dalam rilisnya, Komite Etik dan Displin AFC menyebut bahwa dua pertandingan uij coba internasional tersebut digelar tidak sesuai regulasi yang berlaku.

Berdasarkan pada pasal 11.10 dari Regulation Governing International Matches, setiap tim yang bertanding harus meminta persetujuan dari federasinya masing-masing.

Setelah diterima, tim yang bertanding harus melapor ke federasi tuan rumah. Federasi tuan rumah pun perlu mengajukan persetujuan akhir kepada AFC selambat-lambatnya 14 hari sebelum tanggal pengajuan laga digelar.

Namun baik Persija maupun Madura United lupa mengikuti alur tersebut, dan PSSI sebagai federasi yang menaungi dua klub sepak bola tersebut harus mendapat denda sebesar 2.000 dollar AS atau setara Rp27 juta, dan harus dibayarkan maksimal 30 hari setelah putusan diberikan.

© AFC
Hukuman PSSI dari AFC akibat uji coba Internasional Persija dan Madura United Copyright: AFCHukuman PSSI dari AFC akibat uji coba Internasional Persija dan Madura United

Dalam keputusannya, AFC juga memberi peringatan keras untuk induk sepak bola Indonesia (PSSI) untuk tidak mengulang pelanggaran yang serupa.

"PSSI diberitahu bahwa pengulangan pelanggaran mendapat dihukum dengan hukuman yang lebih berat," tulis AFC, yang diunggah dalam situs resmi.

Pertandingan Persija serta Madura United yang menjamu Selangor pada September tahun lalu sendiri berjalan cukup seru, di mana Madura United sukses menang besar 4-1 sedangkan Macan Kemayoran harus alami nasib kurang beruntung dengan kalah tipis 1-2.