Liga Indonesia

Elie Aiboy: Timnas Indonesia Lolos Kualifikasi Piala Dunia Bukan Mustahil

Senin, 22 Juli 2019 19:48 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Ellie Aiboy saat melatih Persewar Waropen. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Ellie Aiboy saat melatih Persewar Waropen.

INDOSPORT.COM - Peluang Timnas Indonesia untuk lolos dari babak kualifikasi Piala Dunia Zona Asia bukan sesuatu yang mustahil didapat, jika mengacu pada level kekuatan 4 tim pesaing.

Prediksi itu dikemukakan oleh Ellie Aiboy, yang merupakan eks pemain yang malang melintang di level tim nasional. Menurutnya, timnas asuhan Simon McMenemy mesti memasang sikap optimisme yang tinggi untuk melangkah ke babak berikutnya.

"Tentu peluangnya sangat terbuka. Apalagi, ini kan masih di level Asia Tenggara," kata Elie Aiboy kepada INDOSPORT dan rekan media lain di Stadion Untung Suropati Kota Pasuruan, Jumat 19 Juli lalu.

Berdasarkan pengalamannya, lolos dari babak kualifikasi Piala Dunia Zona Asia memang cukup sulit. Meski peluangnya juga masih terbuka, lantaran bersaing dengan 3 tim Asia Tenggara, serta 1 tim asal Timur Tengah.

"Dulu, saya juga mampu untuk lolos (ke babak lanjutan). Jadi, kans Timnas begitu terbuka," tandas pelatih yang kini menangani Persewar Waropen di pentas Liga 2 tersebut. 

"Semua bergantung kepada tingkat persiapan Timnas sendiri. Dan saya pikir, Coach Simon tahu betul kebutuhan timnya seperti apa," sambung dia.

Indonesia tergabung ke dalam Grup G pada babak kualifikasi Zona Asia Piala Dunia yang berlangsung di Qatar tahun 2022 mendatang. Timnas Indonesia akan bersaing dengan Uni Emirat Arab, Thailand, Vietnam dan Malaysia untuk memperebutkan 12 tiket menuju putaran ketiga.