Bola Internasional

Mengenal Lebih Dekat Samut Prakan City, Klub yang Disebut Jadi Pelabuhan Baru Ezra Walian

Selasa, 23 Juli 2019 14:19 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Klub Thailand, Samut Prakan City. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Klub Thailand, Samut Prakan City.

INDOSPORT.COM - Ezra Walian dikabarkan sedang diincar oleh klub Thailand. Berikut profil singkat dari Samut Prakan City FC di Liga Thailand. 

Pesepak bola muda Indonesia, Ezra Walian, dikabarkan tengah diminati oleh klub-klub di Thailand. Salah satu klub yang dikabarkan meminati Ezra Walian adalah Samut Prakan City FC. 

Ezra Walian sendiri musim lalu dipinjamkan oleh Almere City ke RKC Waalwijk. Ezra Walian sendiri sekarang berstatus tanpa klub setelah kontraknya tak diperpanjang Almere City. 

Kini muncul kabar sejumlah klub di Thailand termasuk Samut Prakan City FC meminati jasa penyerang berusia 21 tahun tersebut. 

Lalu soal Samut Prakan City FC sendiri, bagaimana kiprah klub ini di Liga Thailand

Berganti Nama dan Homebase

Samut Prakan City FC pertama kali dibentuk pada tahun 1989 dengan nama Coke-Bangpra Chonburi FC. Nama Coke-Bangpra sendiri diambil dari nama sponsor. 

Klub ini awalnya bermarkas di Distrik Si Racha, Provinsi Chonburi. Klub ini pertama kali promosi ke Thailand Premier League pada tahun 2008. 

Saat promosi, nama klub pun berubah menjadi Pattaya United dan pindah markasnya ke Kota Pattaya. Pada musim pertamanya, Pattaya United finis di peringkat ke-11. 

Posisi terbaik yang pernah dicapai oleh Pattaya United adalah peringkat ke-4 di tahun 2011. Tahun 2013 Pattaya United sempat terdegradasi dan kembali ke kasta tertinggi Thai League 1 pada tahun 2016. 

Pada tahun 2018 lalu, pemilik Pattaya United memutuskan untuk memindahkan homebase klub ke Samut Prakan dan berganti nama menjadi Samut Prakan City FC. 

Di Papan Atas Klasemen

Thai League 1 2019 adalah musim pertama bagi klub ini setelah berganti nama menjadi Samut Prakan City FC. Penampilan Samut Prakan City FC pun cukup baik di musim 2019 ini. 

Dari 19 pertandingan yang sudah dijalani oleh Samut Prakan City FC, 10 diantaranya berhasil dilalui dengan kemenangan. 

5 pertandingan lainnya dilewati dengan hasil imbang, dan 4 pertandingan lagi berakhir dengan kekalahan. Hasil cukup baik tersebut membuat Samut Prakan City FC menempati peringkat ke-2 klasemen sementara Thai League 1 2019