Liga Indonesia

Persatu Tuban, Klub Liga 2 yang Miliki Fasilitas Kelas Sepak Bola Eropa di Tribune Stadionnya

Selasa, 23 Juli 2019 23:58 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Yohanes Ishak
© Media Persatu Tuban
Selebrasi para pemain Persatu Tuban. Copyright: © Media Persatu Tuban
Selebrasi para pemain Persatu Tuban.

INDOSPORT. COM - Persatu Tuban, klub yang berlaga di Liga 2 2019, belakangan terlihat memiliki fasilitas kelas Eropa di tribune stadionnya.

Nama Persatu Tuban musim ini memang hanya menghiasi kompetisi kasta kedua sepak bola Indonesia. Meski begitu, bukan berarti Persatu Tuban tak memiliki inovasi untuk memajukan kualitas klubnya.

Buktinya bisa terlihat saat Persatu Tuban melakoni laga lanjutan Liga 2 2019 pada Sabtu (20/07/19) kemarin. Persatu Tuban yang menjamu PSIM Yogyakarta, mulai menyuguhkan fasilitas kelas sepak bola Eropa di tribune stadionnya.

Ya, Persatu Tuban secara khusus menyediakan fasilitas Family Tribune. Fasilitas tersebut sengaja diberikan oleh pihak panitia pelaksana, agar pertandingan Persatu Tuban vs PSIM Yogyakarta di Stadion Bumi Wali bisa ramah untuk disaksikan oleh anak kecil dan orang tuanya.

Penjelasan terkait program baru Persatu Tuban tadi tertera di akun Instagram resmi klub. Berikut unggahan Persatu Tuban beserta caption unggahannya.

"Pertandingan kemarin merupakan pertandingan pertama kali ada Family Tribune untuk keluarga yang membawa si buah hati untuk menonton Tim kebanggaan." 

"Panitia Pelaksana mencoba memberikan kenyamanan untuk keluarga yang ingin menyaksikan tim kebanggaan mereka. Selamat Hari Anak Nasional!!" tulis caption Persatu Tuban di akun Instagram resmi klub.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Persatu Tuban (@persatufc) on

Hal yang dilakukan Persatu Tuban sejatinya sudah lama diterapkan di kancah sepak bola Eropa. The Guardian dalam artikelnya tahun 2013 lalu, pernah mengungkap seberapa ramahnya sejumlah stadion tim-tim Liga Primer Inggris untuk keluarga dan anak-anak.

The Guardian mencatat bahwa pada gelaran Liga Primer Inggris musim 2012/13, sebanyak 29 persen penonton datang menyaksikan pertandingan secara langsung ke stadion sambil membawa anaknya. Bahkan, masih di musim yang sama, 13 persen pembeli tiket pertandingan berasal dari kalangan anak-anak.

Begitulah kira-kira program Persatu Tuban yang ingin tiru kualitas sepak bola Eropa di tribune stadionnya. Semoga, program seperti ini bisa diterapkan juga oleh tim-tim Indonesia lainnya.