Liga Inggris

Sejarah dan Cerita Unik di Balik Julukan 8 Klub Besar Liga Inggris

Rabu, 24 Juli 2019 15:34 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© INDOSPORT
Logo Liga Primer Inggris. Copyright: © INDOSPORT
Logo Liga Primer Inggris.
Sejarah dan Cerita Unik di Balik Julukkan 8 Klub Besar Liga Inggris

5. West Ham

© FootballPictures.net
Logo West Ham. Copyright: FootballPictures.netLogo West Ham.

West Ham memang saat ini dikenal sebagai tim medioker. Namun, West Ham merupakan salah satu tim bersejarah Inggris dengan basis suporter yang luas. 

Salah satu kontribusi terbesar West Ham adalah saat menyumbang hampir setengah tim inti Timnas Inggris yang menjuarai Piala Dunia 1966. 

West Ham secara luas dikenal dengan nama julukan The Hammers atau The Irons. Julukkan ini sendiri merujuk pada awal 1895 lalu ketika sebuah tim sepak bola dibentuk oleh pegawai di Thames Ironwork, sebuah pabrik yang berada di London Timur. 

Thames Ironwork sendiri berubah nama menjadi West Ham pada 1900, Walau berubah nama, logo dua palu tetap dipertahankan yang melambangkan peralatan untuk membangun kapal laut. 

6. Newcastle United

© Getty Images
Alan Shearer dan Les Ferdinand saat keduanya bermain untuk Newcastle United Copyright: Getty ImagesAlan Shearer dan Les Ferdinand saat keduanya bermain untuk Newcastle United

Klub Newcastle United dijuluki dengan nama The Magpies. Latar belakang penamaan The Magpies sendiri cukup simpel, yakni warna garis hitam-putih yang ada di jersey klub. 

Namun, ada sejarah cukup dalam di balik klub Newcastle itu sendiri. Pada awalnya, di Newcastle ada dua klub yang eksis, yakni Newcastle East End dan Newcastle West End. 

Akhirnya kedua klub melakukan merger pada tahun 1892 dan menggunakan nama Newcastle United. 

7. Arsenal

© fourfourtwo
Jersey Home Arsenal 2019/20 Copyright: fourfourtwoJersey Home Arsenal 2019/20

Arsenal sering disebut dengan julukan The Gunners atau gudang persenjataan. Didirikan pada 1886, Arsenal merupakan tim yang mewakili kasta pekerja di Inggris karena dibangun oleh pekerja di Royal Arsenal, tempat produksi dan penyimpanan senjata untuk tentara Inggris. 

Nama The Gunners muncul karena sejarah mereka yang identik dengan persenjataan. Di Indonesia sendiri, Arsenal juga sering dijuluki Meriam London. 

Nama Meriam London merujuk pada lambang klub yang berupa meriam serta markas mereka yang terletak di Kota London.

8. Tottenham Hotspur

Para penonton turut mengibarkan bendera Para penonton turut mengibarkan bendera 'Welcome Home' di Stadion Tottenham Hotspur.

Ada dua julukan yang sering disematkan kepada klub Tottenham Hotspur. Pertama adalah 'Spurs', kedua adalah The Lilywhites. 

Nama Spurs sendiri diambil dari kependekan nama Hotspur. Mengapa Tottenham memilih nama Hotspur di belakang? Padahal ada banyak pilihan seperti City, United, Rovers, dan sebagainya. 

Ternyata, nama Hotspur diambil dari sebuah kisah abad ke-14. Kala itu ada seorang ksatria bernama Sir Henry Percy yang lebih dikenal dengan Sir Harry Hotspur. 

Keluarga Sir Harry Hotspur kabarnya memiliki tanah luas di sekitar wilayah Tottenham, London. Sebagai penghormatan, para pendiri klub pada 1882 pun memilih nama Tottenham Hotspur sebagai nama klub. 

Sedangkan julukkan The Lilywhites merujuk pada seragam tradisional Tottenham Hotpurs yang berwarna putih. 

IDS Emoticon Suka
Suka
50%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
50%