Liga Inggris

4 Bukti Everton Jadi ‘Tong Sampah’ Barcelona

Kamis, 25 Juli 2019 05:30 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© Wallpaper Cave
Logo Everton Copyright: © Wallpaper Cave
Logo Everton

INDOSPORT.COM - Barcelona memang memiliki daya tarik yang cukup kuat untuk mendatangkan pemain baru. Seandainya sang pemain tak memenuhi ekspetasi, maka dengan mudahnya akan mereka lepas di jendela transfer.

Uniknya lagi, ada salah satu klub Liga Primer Inggris, Everton yang bisa dikatakan menjadi ‘tong sampah’nya Barcelona.

Bagaimana bisa? Ya, sesuai dengan judul berita ini, ada empat bukti yang berarti empat pemain Barcelona dilepas dan berlabuh ke Everton.

Bukan tidak mungkin juga nantinya banyak pemain Barca lain yang akan menyusul mantan rekan-rekannya yang berseragam tim Merseyside Biru.

Mungkin, salah satu nama yang terancam didepak oleh Barcelona di musim panas ini adalah Rafinha Alcantara.

Tetapi sejauh ini pemain asal Brasil itu belum ada tanda-tanda kemana akan dilepas dan Everton pun tidak menunjukkan minatnya sama sekali.

Lalu siapa saja pemain Everton yang sebelumnya pernah berseragam Barcelona? Berikut ulasannya:

Gerard Deulofeu

© zimbio.com
gerard deulofeu Copyright: zimbio.comGerard Deulofeu saat berseragam Barcelona.

Pemain yang berposisi gelandang sayap ini merupakan pemain produk asli dari akademi Barcelona, La Masia. Berada di La Masia sejak tahun 2003, Deulofeu kemudian dipromosikan ke tim senior Barcelona pada tahun 2011.

Sayangnya, selama dua musim pertama pemain yang juga bisa berperan sebagai penyerang itu tak mampu mendapat kepercayaan untuk banyak tampil.

Jelas, kala itu ia kalah saing dari nama-nama seperti Lionel Messi, Luis Suarez, Neymar, Zlatan Ibrahimovic, dan masih banyak lagi.

© David Ramos/Getty Images
Deulofeu merayakan golnya ke gawang Sunderland. Copyright: David Ramos/Getty ImagesGerard Deulofeu saat bermain untuk Everton.

Akhirnya, Deulofeu dipinjamkan ke Everton selama semusim di musim 2013/14. Kala itu, pemain asli Spanyol tersebut memiliki gaya bermain yang impresif.

Barca pun menariknya keluar dari Inggris dan meminjamkannya di klub Spanyol, Sevilla pada musim 2014/15 dengan harapan ia bisa beradaptasi di kompetisi LaLiga.

Berniat dipermanenkan pada musim 2016/17, Barcelona akhirnya memilih untuk melepasnya secara permanen ke Everton lantaran saat itu mereka mempunyai trisula maut bernama MSN, yakni Messi, Suarez, dan Neymar.

Dua musim bersama Everton, Deulofeu beberapa kali mampu tampil cukup apik. Bahkan, Barca pernah membelinya kembali di musim 2017/18, tetapi lagi-lagi dirinya gagal mendapatkan tempat utama hingga dilepas ke Watford.

Andre Gomes

© express.co.uk
Andre Gomes, pemain Barcelona Copyright: express.co.ukAndre Gomes saat di Barcelona

Setelah Gerard Deulofeu, korban berikutnya Barcelona adalah Andre Gomes yang didatangkan Barcelona pada tahun 2016 dari Valencia.

Harapannya adalah Gomes mampu membuat Barca merotasikan pemainnya agar dapat bersaing di seluruh kompetisi, baik itu di kancah domestik maupun Liga Champions.

Sayangnya, Gomes juga dianggap tak mampu memenuhi syarat hingga di dipinjamkan ke Everton pada musim 2018/19 kemarin dan akhirnya dipermanenkan pada musim 2019/20 ini.

© INDOSPORT
Andre Gomes saat berduel dengan Mohamed Salah. Copyright: INDOSPORTAndre Gomes saat  bermain untuk Everton dan sedang berduel dengan Mohamed Salah, bintang Liverpool.