Bola Internasional

Dijuluki Bintang Brasil, Status Naturalisasi Otavio Dutra Jadi Sorotan Media Vietnam

Jumat, 26 Juli 2019 17:25 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Isman Fadil
© persebaya.id
Status naturalisasi Otavio Dutra jadi sorotan media Vietnam. Copyright: © persebaya.id
Status naturalisasi Otavio Dutra jadi sorotan media Vietnam.

INDOSPORT.COM – Status sah Otavio Dutra untuk membela Timnas Indonesia di ajang babak kedua grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 mendapatkan sorotan dari situs Dantri. Dutra dijuluki sebagai pemain bintang asal Brasil yang punya beberapa atribut unggulan.

Media asal Vietnam tersebut menyatakan bahwa Dutra merupakan pemain yang kuat, berpengalaman, dan memiliki kemampuan yang bagus dalam membaca permainan. Hal tersebut ia tunjukkan dengan kiprahnya di liga domestik Indonesia sejak 2010.

Pemain berusia 35 tahun itu telah merengkuh prestasi bergengsi di kasta tertinggi liga sepak bola Indonesia. Bersama Persipura Jayapura, ia menjuarai Indonesian Super League (ISL) 2013. Prestasi terakhirnya ialah membawa Bhayangkara FC menjadi kampiun Liga 1 2017.

Ia dinilai sebagai tipe pemain favorit pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy. Pada Piala AFF 2010, McMenemy mengasuh Filipina yang diperkuat beberapa pemain naturalisasi. Kebanyakan dari mereka ialah pemain berpostur besar yang memiliki kemiripan atribut dengan Dutra.

Dantri mengatakan bahwa naturalisasi Dutra menjadi salah satu upaya cepat agar skuat Garuda untuk bisa tampil apik. Tim asuhan Simon McMenemy sendiri mengincar posisi setinggi mungkin untuk mendapatkan jalan yang lebih mudah ke Piala Asia 2023.

Otavio Dutra sendiri kemudian menyatakan bahwa dirinya tak sabar membela Timnas Indonesia. Ia bahkan mengutarakan keinginannya untuk tampil melawan Malaysia di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Pertemuan dengan Negeri Jiran bakal menjadi laga panas yang sarat gengsi.