Bola Internasional

Perkembangan Pesat Timnas Indonesia Bisa Kubur Mimpi Vietnam ke Piala Dunia 2022

Rabu, 24 Juli 2019 14:20 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Timnas Indonesia dinilai berkembang pesat oleh salah satu media asal Vietnam. Foto: Herry Ibrahim Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Timnas Indonesia dinilai berkembang pesat oleh salah satu media asal Vietnam. Foto: Herry Ibrahim

INDOSPORT.COM – Media Dantri asal Vietnam merasa kesempatan tim nasional mereka untuk lolos ke Piala Dunia 2022 sangat kecil. Pasalnya, di babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2022, mereka beralasan bahwa semua pesaing di fase grup, termasuk Timnas Indonesia, menunjukkan perkembangan yang pesat.

Dantri memang menyebutkan bahwa Timnas Indonesia berada di peringkat FIFA terendah. Namun, banyaknya pemain keturunan yang bermain di Belanda dan beberapa negara Eropa lainnya membuat skuat Garuda bisa menambah kekuatan lewat pemain naturalisasi.

Tak hanya itu, beberapa bintang muda Indonesia pun mulai banyak yang meniti kariernya di Eropa. Egy Maulana Vikri menjadi salah satu contohnya. Egy saat ini telah merengkuh dua gelar dan bahkan berpeluang melakoni debutnya di Liga Europa 2019/20.

Contoh lainnya adalah Ezra Walian. Jebolan akademi Ajax Amsterdam itu musim 2018/19 lalu membantu RKC Waalwijk promosi ke Eredivisie Belanda. Namun, dirinya dirumorkan akan bergabung ke salah satu klub elit di Liga Thailand.

Di sisi lain, Dantri menyebutkan bahwa Timnas Vietnam juga akan menghadapi kendala yang berat. Mereka dinilai tidak banyak memiliki stok pemain senior baru. Pemanggilan pemain muda pun bakal riskan karena mereka hanya memiliki waktu persiapan yang sangat singkat.

Jadwal laga pertama Vietnam dimulai pada 5 September 2019 melawan Thailand. Namun, pelatih Park Hang-seo baru bisa mengumpulkan pemain tiga hari sebelumnya karena Liga Vietnam masih berjalan hingga 1 September 2019. Hal tersebut juga bisa memunculkan masalah kebugaran pemain yang tidak 100 persen fit.