Liga Indonesia

Sempurnakan Status Klub Profesional, Persipura Ambil Bagian di Liga 1 Putri

Jumat, 26 Juli 2019 17:58 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Sudjarwo/INDOSPORT
Sekretaris Umum Persipura Jayapura dan Juga Wakil Ketua Asprov PSSI Papua, Rocky Bebena. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Sekretaris Umum Persipura Jayapura dan Juga Wakil Ketua Asprov PSSI Papua, Rocky Bebena.

INDOSPORT.COM - Persipura Jayapura menjadi salah satu klub dari 10 klub sepak bola Indonesia yang telah menyatakan kesiapannya untuk berpartisipasi dalam kompetisi sepak bola Liga 1 Putri 2019.

Hal tersebut berdasarkan pertemuan perwakilan 10 klub bersama pihak federasi sepak bola Indonesia, PSSI di Jakarta, Kamis (25/07/19) kemarin.

Sekretaris Umum Persipura Jayapura, Rocky Bebena mengatakan, pihaknya sudah menyatakan siap untuk mengikutkan tim Persipura putri di ajang tersebut sebagai sebuah kewajiban yang harus dipatuhi oleh klub profesional dan berlisensi.

"Mau tidak mau dan suka tidak suka kita harus mengikuti ini dan mempersiapkan tim untuk kompetisi yang dimaksud, karena ini nantinya menjadi penilaian grade."

"Karena itu memang salah satu syarat untuk memenuhi aspek lisensi klub AFC dan menyatakan diri sebagai klub profesional. Selain tim senior, harus ada tim akademi baik U-16, U-18 dan U-20 juga tim sepak bola putri," ujar Rocky kepada sejumlah awak media olahraga di Jayapura, Jumat (26/07/19).

Menurut Rocky, pihaknya tak ingin dengan alasan tak siap lantas tak patuh dengan kewajiban tersebut dan berimbas pada lisensi klub sepak bola profesional. Ia juga menyayangkan Liga 1 putri 2019 hanya bisa disanggupi oleh 10 kontestan.

"Percuma kita menyiapkan semua aspek terkait dengan lisensi AFC tetapi kita tidak ikuti salah satu item dari kriteria ini dan kita akan gugur dan tidak lolos dalam lisensi klub. Dan ini saya pikir sudah menjadi kewajiban bagi tim liga I untuk mengikuti ini," ungkapnya.

"Kalau hanya 10 tim yang ikut kami sebenarnya sangat menyayangkan itu, karena mereka yang ada di tim profesional seharusnya bukan masalah siap atau tidak siap tapi itu hukumnya adalah wajib dalam status regulasi yang dikeluarkan oleh FIFA maupun AFC," tambahnya.

Sementara itu, jadwal perhelatan Liga 1 putri 2019 masih akan menunggu salah satu agenda penting PSSI yakni Kongres Luar Biasa.

Selain Persipura, 9 klub lainnya yang sudah menyatakan kesiapannya untuk berpartisipasi dalam kompetisi Liga 1 putri 2019 yakni Persija Jakarta, Persib Bandung, Tira-Persikabo, PSM Makassar, Bali United, Arema Malang, PSIS Semarang, PSS Sleman dan Persebaya Surabaya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%