Liga Indonesia

Membandingkan Pencapaian Persib di 10 Laga Awal Liga 1 Era Mario Gomez vs Rene Alberts

Sabtu, 27 Juli 2019 06:25 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Juni Adi
© Arif Rahman/INDOSPORT
Starting eleven Persib Bandung menghadapi Kalteng Putra dilaga kandang Shopee Liga 1 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa (16/07/2019). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Starting eleven Persib Bandung menghadapi Kalteng Putra dilaga kandang Shopee Liga 1 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa (16/07/2019). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

INDOSPORT. COM - Kiprah Persib Bandung di 10 laga awal Liga 1 Era Mario Gomez dan Robert Rene Alberts, sepertinya mengalami sejumlah perbedaan. Bagaimana kira-kira perbandingannya?

Ya, Persib Bandung dalam dua musim terakhir, terus ditangani oleh sosok-sosok pelatih asing. Kursi kepelatihan Persib Bandung musim lalu diduduki oleh juru taktik asal Argentina, Mario Gomez, dan kini telah beralih ke pria Belanda, Robert Rene Alberts.

Bersama dua nama pelatih tersebut, skema permainan yang diterapkan Persib Bandung jelas berbeda. Maklum saja, setiap pelatih memang memunyai strategi andalannya masing-masing.

Perbedaan pun lantas juga tertera pada kiprah Persib Bandung di 10 laga awal Liga 1. Pencapaian awal musim Persib Bandung era Mario Gomez dan Rene Alberts nampak berbeda satu sama lainnya.

Lalu, bagaimanakah perbandingan awal musim Persib Bandung saat ditangani oleh dua pelatih itu? INDOSPORT akan coba menjabarkannya ke dalam rangkuman berikut.

Mario Gomez

© Aarif Rahman/INDOSPORT
Selebrasi Mario Gomez usai Persib Bandung menang atas Borneo FC. Copyright: Aarif Rahman/INDOSPORTSelebrasi Mario Gomez usai Persib Bandung menang atas Borneo FC.

10 laga awal Persib Bandung ketika masih dilatih Mario Gomez musim lalu, nampak kurang menjanjikan. Sebagai modal awal musim, Persib Bandung hanya bisa mengoleksi 15 poin dari 10 laga Liga 1 2018 yang dilakoninya.

Akibat hasil tersebut, Persib Bandung harus puas bercokol di urutan 11 klasemen sementara. Bahkan, kala itu, Persib Bandung jumlah poinnya disamai oleh tim promosi, PSMS Medan, yang kemudian di akhir musim harus terdegradasi.

Selama 10 laga awal Liga 1 2018, Persib Bandung mampu menuai empat kemenangan, tiga kali imbang, dan tiga kekalahan. Selisih gol Persib Bandung sendiri menyentuh angka lima, hasil 15 kali membobol, dan 10 kali dibobol.

Bersama rekor 10 pertandingan awal yang seperti itu, Persib Bandung di akhir musim mampu menempati urutan empat klasemen. Mario Gomez bahkan hampir membawa Persib Bandung juara, lantaran sempat beberapa pekan bertengger di puncak klasemen.

Robert Rene Alberts

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Persib, Robert Rene Alberts tiba di Stadion GBK untuk hadir dalam jumpa pers jelang lawan Persija Jakarta, Selasa (09/06/19). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTPelatih Persib, Robert Rene Alberts tiba di Stadion GBK untuk hadir dalam jumpa pers jelang lawan Persija Jakarta, Selasa (09/06/19). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Robert Rene Alberts ditunjuk sebagai pelatih Persib Bandung pada awal musim Liga 1 2019 lalu. Pelatih asal Belanda itu pun baru pada Jumat (26/07/19) kemarin menyelesaikan 10 laga awal Liga 1 dengan menjamu Bali United.

Sayang, hasil yang didapat Rene Alberts dalam laga kesepuluhnya sungguh mengecewakan. Menemani Persib Bandung bertanding di Stadion Si Jalak Harupat, skuat besutan Rene Alberts malah dipaksa menyerah dengan skor 0-2 dari Bali United.

Kekalahan dari Bali United, lantas menjadi yang ketiga kalinya bagi Persib Bandung di 10 laga awal Liga 1 2019. Catatan ini sama persis dengan yang ditorehkan Mario Gomez musim lalu.

Perbedaan lantas tertera pada jumlah kemenangan. Persib Bandung musim ini hanya bisa menuai tiga kemenangan dari 10 laga awal, sedangkan musim lalu empat kali. Selisih gol Persib Bandung juga mengkhawatirkan dengan angka -1, hasil dari 10 kali membobol, dan 11 kali dibobol.

Walau secara keseluruhan nampak lebih buruk dari era Mario Gomez, Persib Bandung besutan Rene Alberts kiprahnya lebih baik kalau membahas segi peringkat klasemen. Musim lalu, 10 laga awal Persib Bandung bercokol di urutan 11, sementara kini mampu naik satu peringkat menempati posisi 10. 

Pertanyaan selanjutnya, dengan rekor 10 pertandingan awal Liga 1 yang seperti ini, pada posisi berapakah Persib Bandung besutan Rene Alberts akan mengakhiri musim? Sepertinya, biar waktu saja yang menjawab.