Liga Indonesia

PSIS akan Prioritaskan Wanita Daerah untuk Ikuti Liga Putri

Minggu, 28 Juli 2019 19:17 WIB
Penulis: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM – PSIS Semarang nampak serius dalam mempersiapkan tim menghadapi Liga Putri yang akan diselenggarakan oleh Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) pada beberapa waktu kedepan.

Laskar Mahesa Jenar juga telah mengikuti CEO Forum peserta Liga 1 untuk membahas persiapan kompetisi sepak bola khusus bagi wanita tersebut. Acara meeting forum telah terselenggara pada Kamis (25/7/2019) di Jakarta.

Selain PSIS, ada sepuluh klub lainnya yang siap mengikuti Liga 1 Putri yakni Persib Bandung, Persija Jakarta, Tira Persikabo, PSS Sleman, Persebaya Surabaya, Arema FC, Bali United, PSM Makassar, dan Persipura Jayapura.

CEO PSIS Yoyok Sukawi juga membenarkan timnya pasti mengikuti dan akan menggelar seleksi jika regulasi yang ditetapkan oleh operator liga sudah turun, pihaknya takut jika mencuri start akan melanggar aturan yang ada jika tidak sesuai dengan ketentuan penyelanggara.

“Seleksi akan kami gelar terbuka, tetapi sebelumnya harus ada manajemen dan officialnya terlebih dahulu,” ujar Yoyok Sukawi kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT Sabtu (27/7/2019).

“Kami akan tetap memprioritaskan putri-putri daerah Jawa Tengah dan terkhusus Kota Semarang jika ada yang memenuhi kriteria,” imbuh pria yang juga anggota DPRD Jawa Tengah tersebut.

Sepak bola putri kini menjadi perhatian khusus oleh PSSI, pasalnya FIFA selaku federasi tertinggi sepak bola di dunia juga telah sukses menggelar Piala Dunia Wanita dan melakukannya secara rutin.

Di level Benua Asia, ada turnamen Piala Asia bagi para pelaku sepak bola wanita dan dalam ajang multi event Asian Games juga telah dilakukan. Pada Asian Games 2018 yang digelar di Palembang-Jakarta, Timnas Putri Jepang berhasil merebut medali emas.